Pria Ini Sudah Cicip 300 Buah di Dunia, Jatuh Cinta pada Cempedak Indonesia!

Yenny Mustika Sari - detikFood Kamis, 22 Okt 2020 17:00 WIB
Kisah Pria Cicip 300 Buah di Dunia Foto: Atlas Obscura
Jakarta -

Pria asal Argentina ini berhasil mencicipi 300 jenis buah di dunia. Beberapa buah tersebut berasal dari Indonesia seperti cempedak dan durian.

Buah jadi salah makanan yang punya beragam jenis dan kandungan nutrisinya sangat baik untuk tubuh. Karakteristik buah di setiap negara pun berbeda.

Seperti Indonesia, buah-buah yang ada di Tanah Air kerap disebut sebagai buah eksotis karena jarang ditemukan di daerah lain. Seperti halnya durian, cempedak, nanas, alpukat, dan lainnya.

Buah juga punya bentuk yang berbeda-beda. Ada yang memiliki kulit kasar, berduri, hingga kulitnya bisa langsung dinikmati.

Kisah Pria Cicip 300 Buah di DuniaKisah Pria Cicip 300 Buah di Dunia Foto: Atlas Obscura

Banyak yang menggemari buah, apalagi untuk mereka yang vegetarian dan vegan. Buah jadi salah satu makanan yang setiap hari mereka konsumsi.

Baca Juga: Serunya Pengalaman Orang Korea Cicip Salak hingga Duku Pertama Kali!

Seperti halnya pria asal Argentina berikut ini. Adalah Pablo Salvatierra yang menjadi veganism karena penyakit kulit kronis (prosiasis) yang diidapnya. Kulitnya bersisik dan juga timbul ruam, hal itu membuatnya putus asa.

Kisah Pria Cicip 300 Buah di DuniaKisah Pria Cicip 300 Buah di Dunia Foto: Atlas Obscura

Tapi kini ia sudah terbebas dari penyakit tersebut karena menjalani diet vegan. Ia sangat menyukai buah-buahan dan pergi ke beberapa negara untuk mencicipi setiap jenis buah yang ada di sana.

Dilansir dari Atlas Obscura (19/10), Salvatierra telah berkeliling ke 15 negara berbeda selama 4 tahun terakhir demi mencicipi buah-buahan. Sebanyak 300 buah telah ia cicipi dalam waktu 4 tahun tersebut.

Salvatierra menjelaskan kalau dirinya telah mencicipi buah-buahan yang bentuknya unik, ukurannya jumbo, hingga rasa yang unik. Ia pernah mencicipi buah dengan rasa yang mirip cokelat putih.

Ada juga buah yang ukurannya kecil menyerupai tiram dan mutiara. Buah-buahan dengan kulit mirip ular juga sudah pernah ia cicipi.

"Saya terkejut dan senang dengan budaya pasar lokal," ujar Pablo Salvatierra.

"Anda bisa mendapatkan buah-buahan segar, enak, dan bergizi langsung dari hasil panen sendiri. Mereka memiliki pohon di halaman belakang rumahnya!" lanjut Salvatierra menjelaskan pengalamannya mencicipi 300 buah di dunia.

Kisah Pria Cicip 300 Buah di DuniaKisah Pria Cicip 300 Buah di Dunia Foto: Atlas Obscura

Salvatierra juga menceritakan pengalamannya mencicipi buah di Borneo, Kalimantan. Ia menemukan cempedak dan durian di sana.

Cempedak menurutnya salah satu buah yang menarik. Menurutnya buah tersebut mengingatkan dirinya pada cokelat toffee yang pernah ia makan saat masih kecil. Bentuknya yang mirip dengan nangka dan durian, tekstur buahnya lembek dan aromanya wangi.

"Kenikmatan ada di setiap gigitannnya," ujarnya saat menjelaskan soal rasa cempedak.

Karena telah mencicipi sebanyak 300 buah di dunia, Salvatierra kini menghabiskan waktunya di rumah orang tuanya untuk menanam banyak jenis buah. Ada jeruk Mandarin, plum, aprikot, persik, apel, pir, hingga jeruk Bali.

Baca Juga: 7 Buah yang Bagus untuk Diet, Semua Rasanya Enak



Simak Video "Masak Masak: Hilangkan Dahaga dengan Es Stik Buah"
[Gambas:Video 20detik]
(yms/adr)