5 Brand Makanan Terkenal Ini Ternyata Punya Sejarah Kelam

Sonia Basoni - detikFood Rabu, 21 Okt 2020 19:00 WIB
Pandemi COVID-19 membuat 115 gerai KFC tutup sementara. Berkaitan dengan itu, PT Fast Food Indonesia Tbk (FAST) selaku pemegang merek makanan cepat saji itu merumahkan 4.988 karyawannya. Foto: Getty Images

4. Coca-Cola

West Palm Beach, USA - March 29, 2011: Variety of brand name soda cans placed in a box in a double row. Brands include Coca Cola, Pepsi, Dr Pepper, Orange Crush, Sprite and Mountain Dew.West Palm Beach, USA - March 29, 2011: Variety of brand name soda cans placed in a box in a double row. Brands include Coca Cola, Pepsi, Dr Pepper, Orange Crush, Sprite and Mountain Dew. Foto: iStock

Sama seperti KFC, brand minuman terkenal di dunia ini juga miliki sejarah awal yang kelam. Sang pendiri bernama John Pamberton, meripakan veteran perang yang ketergantungan dengan morfin.

Saat itu Pamberton membuka apotek kecil di Atlanta, ia melihat tren baru dimana orang-orang mencampur kokain dengan minuman. Ia pun mulai membuat produk minumannya sendiri, di mana ia menambahkan kokain dengan wine.

Jadi pada tahun 1888, Coca-Cola yang diciptakan Pamberton masih mengandung kokain. Dari sana lah Coca-Cola mulai dikenal. Ketika masuk tahun 1903, kandungan coke atau kokain di dalam minuman itu resmi dihapus.


5. Smarties

Pangeran George dan SmartiesPangeran George dan Smarties Foto: Istimewa

Permen warna-warni dengan bentuk bulat kecil ini dikenal dengan nama Smarties. Permen ini sudah ada sejak tahun 1949 dan cukup terkenal di berbagai negara.

Meski berasal dari Amerika, tapi sebenarnya permen Smarties dulu dikembangkan di Inggris. Meski tidak berbahaya, permen ini pernah memiliki sejarah kelam karena dilarang beredar.

Ketika permen ini muncul banyak remaja yang iseng menghaluskan permen, lalu menghirup bubuk permen seperti narkoba. Karenanya beberapa wilayah di Amerika sempat melarang peredaran permen ini.

Baca Juga: Cute! 5 Kosmetik Ini Terinspirasi Merek Wafer hingga Penyedap Rasa Ternama

Halaman
1 2 3 Tampilkan Semua


Simak Video "Bikin Pizza Nggak Ribet, Pakai Roti Tawar!"
[Gambas:Video 20detik]

(sob/odi)

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com