Mau Tahu? Ini Fakta Nama-nama Brand Makanan yang Kini Mendunia

Devi Setya - detikFood Jumat, 01 Mar 2019 19:00 WIB
Foto: Istimewa Foto: Istimewa
Jakarta - Nama brand makanan memang sudah pasti dipikirkan matang oleh sang pemiliknya. Tapi siapa sangka ada beberapa fakta unik di balik nama brand kuliner yang kini populer.

Dilansir dari This Is Insider (1/3) ada beberapa nama brand kuliner yang tercipta karena ketidaksengajaan. Mulai dari Wendy's hingga Starbucks, berikut daftar brand kuliner ini.

1. Starbucks
Mau Tahu? Ini Fakta Nama-nama Brand Makanan yang Kini MenduniaFoto: M Nur Abdurrahman/detikcom

Salah satu pendiri Starbucks, Gordon Bowker menceritakan bagaimana proses terciptanya nama Starbucks. Coffee shop modern ini ternyata membutuhkan waktu cukup lama untuk menemukan nama yang pas.

Saat itu sempat terbersit untuk menamai kedai ini Cargo House. Namun urung dilakukan dan mengganti namanya dengan sesuatu yang berawalan huruf 'st'. Saat itu terbersit nama Starbo yang merupakan nama kota tua lokasi penambangan.

Sampai pada akhirnya terbersit nama Starbucks. Akhirnya nama inilah yang kemudian digunakan mulai kedai ini lahir hingga saat ini berkembang menjadi coffee shop skala internasional.

Baca juga : Ini 19 Fakta Menarik Tentang Restoran Fast Food McDonald's, Wendy's hingga KFC

2. 7-Eleven
Mau Tahu? Ini Fakta Nama-nama Brand Makanan yang Kini MenduniaFoto: Istimewa

Minimarket ini sudah ada sejak tahun 1927 namun baru disebut 7-Eleven setelah tahun 1946. Awalnya toko ini dikenal dengan nama Southland Ice Company.

Kemudian toko kelontong ini mengubah jam operasional menjadi lebih panjang yakni mulai pukul 7 pagi hingga 11 malam. Terinspirasi dari jam operasional inilah akhirnya minimarket ini berubah menjadi 7-Eleven.

Meskipun namanya 7-Eleven tapi toko ini sekarang tak terpaku pada jam operasional ini. Kini justru banyak 7-Eleven yang buka nonstop 24 jam.

3. Wendy's
Mau Tahu? Ini Fakta Nama-nama Brand Makanan yang Kini MenduniaFoto: Istimewa

Nama restoran cepat saji yang satu ini tercipta dari kecintaan seorang ayah pada putri kecilnya. Pemilik resto ini adalah Dave Thomas, ia mencari beberapa alternatif nama menarik untuk restoran besutannya ini.

Ia sempat kebingungan namun akhirnya ia memutuskan menggunakan nama anaknya yang biasa dipanggil Wendy. Nama asli anaknya ini adalah Melinda Lou. Tak hanya itu, Dave juga menampilkan sosok putri kecilnya sebagai ikon resto.

4. McDonald's
Mau Tahu? Ini Fakta Nama-nama Brand Makanan yang Kini MenduniaFoto: iStock

Tampaknya saat ini hampir semua orang kenal restoran cepat saji yang satu ini. Tapi siapa sangka McDonald's sudah mengalami beberapa perubahan logo hingga tagline.

Restoran ini pertama kali mendapat merek dagang pada 4 Mei 1961. Dahulu taglinenya "Drive-In Restaurant Service." Kini McD menggunakan tagline yang lebih simpel yakni "I'm Lovin' it."

Logo restoran juga beberapa kali berubah. Awalnya berupa simbol dua huruf M yang melengkung dengan warna kuning emas. Kini logo resto ini hanya menggunakan satu huruf M saja, lebih simpel.

Baca juga : Mengintip Suasana Gerai Starbucks Terbesar Dunia di Shanghai (dvs/odi)