Bukan Romantis, Lampu Remang-remang di Restoran Bikin Makanan Tak Enak

Sonia Basoni - detikFood Selasa, 20 Okt 2020 18:00 WIB
Bukan Romantis, Lampu Remang-remang di Restoran Bikin Makanan Tak Enak Foto: Ilustrasi iStock
Jakarta -

Banyak restoran yang menggunakan lampu remang atau temaram. Bukan efek romantis, ternyata hal ini bisa membuat rasa makanan jadi tak enak.

Lampu remang-remang atau lampu redup sering digunakan banyak restoran untuk menambah suasana romantis hingga nyaman. Tapi lewat penelitian yang satu ini, dibuktikan bahwa cahaya lampu dalam restoran berpengaruh pada rasa makanan yang disantap.

Baca Juga: Saat Makan di Restoran, Harga Makanan yang Mahal Terasa Lebih Enak

Dikabarkan Daily Mail UK (20/10), penelitian terbaru yang digagas oleh Maastricht University di Belanda, menyebutkan bahwa lampu restoran yang gelap membuat rasa makanan menjadi tidak enak.

Bukan Romantis, Lampu Remang-remang di Restoran Bikin Makanan Tak EnakBukan Romantis, Lampu Remang-remang di Restoran Bikin Makanan Tak Enak Foto: Ilustrasi iStock

Lewat penelitian tersebut, mereka meneliti beberapa orang yang makan di dalam restoran dengan penerangan redup dan sebaliknya.

Penelitian ini melibatkan 138 peserta yang makan di dalam restoran fine dining dalam rentang waktu 6 sore sampai 11 malam.

Di sana mereka disajikan makanan berisi jamur, keju dari susu kambing, buah-buahan, mayonnaise sampai kedelai.

Semua makanan ini memiliki empat rasa dasar yaitu asin, asam, manis dan sedikit pahit.

Bukan Romantis, Lampu Remang-remang di Restoran Bikin Makanan Tak EnakBukan Romantis, Lampu Remang-remang di Restoran Bikin Makanan Tak Enak Foto: Ilustrasi iStock

Hasilnya menemukan bahwa tamu atau pengunjung restoran yang terpapar cahaya, memiliki tingkat kepuasan rasa yang lebih kuat terhadap makanan. Dibandingkan dengan tingkat kepuasan tamu yang makan di restoran dengan lampu remang-remang.


Penelitian ini menunjukkan bahwa suasana di restoran tidak hanya berpengaruh kepada kenyamanan pengunjung saja, tapi juga mengganti rasa dan pengalaman bersantap.

"Para tamu yang makan dalam ruangan terang bisa merasakan semua makanan jauh lebih intense, dibandingkan para tamu yang makan dalam ruangan lebih gelap," jelas perwakilan dari Maastricht University.

Hal ini juga disetujui oleh Luke Garnsworthy, selaku pemilik restoran fine dining di Inggris. Ia mengungkapkan bahwa pencahayaan yang baik membuat rasa makanan menjadi lebih enak.

Bukan Romantis, Lampu Remang-remang di Restoran Bikin Makanan Tak EnakBukan Romantis, Lampu Remang-remang di Restoran Bikin Makanan Tak Enak Foto: Ilustrasi iStock

"Orang-orang pertama kali merasakan makanan lewat mata mereka. Karenanya banyak chef yang berlomba-lomba menciptakan tak hanya makanan enak, tapi juga makanan dengan penampilan yang cantik," jelas Luke.

Tapi tentunya tidak semua pemilik restoran atau ahli kuliner setuju dengan hasil penelitian ini.

"Menurut saya pencahayaan yang ditata dengan baik membuat orang jauh lebih nyaman, tenang, tentunya cahaya redup ini sangat cocok untuk makan malam romantis," ungkap Ben Tish selaku culinary director di restoran Norma, London.

"Penemuan ini tidak hanya relevan secara teoritis saja, tapi juga berguna sebagai alat untuk meningkatkan strategi untuk menyesuaikan rasa makanan untuk para pengunjung," jelas isi penelitian tersebut.

Pihak peneliti juga menjelaskan bahwa dibutuhkan penelitian lainnya, yang menyorot mengapa efek lampu ini bisa mempengaruhi makanan.

Baca Juga: Ternyata Makan di Rumah Jauh Lebih Enak Daripada Makan di Resto, Ini Sebabnya



Simak Video "Rekomendasi Sambal buat Kamu"
[Gambas:Video 20detik]
(sob/odi)