Martabak Manis & Gurih

5 Martabak Jadul yang Bikin Kangen, Isi Ketan Hitam hingga Bihun

Yenny Mustika Sari - detikFood Selasa, 20 Okt 2020 15:00 WIB
Martabak  Jadul yang Bikin Kangen Foto: Instagram @belalang.kecil
FOKUS BERITA Martabak Manis & Gurih

3. Martabak Lenggang

Martabak  Jadul yang Bikin KangenMartabak Jadul yang Bikin Kangen Foto: Instagram @dapurmamij

Martabak lenggang adalah jenis martabak manis kecil yang dilipat. Karenanya juga kerap disebut martabak manis lipat. Bentuknya setengah lingkaran menyerupai bulan.

Martabak lenggang diisi dengan beragam varian. Ada yang menggunakan ketan hitam, cokelat meisjes, kacang tanah, gula, dan lainnya. Kini martabak lenggang banyak dikreasikan dengan isian kekinian, seperti Oreo dan keju.

Martabak ini juga tampil warna-warni, ada yang merah hingga ungu. Martabak lenggang dulunya juga banyak ditawarkan penjual gerobakan di depan sekolahan. Harganya juga murah, sekitar Rp 2.000 per buahnya.

4. Martabak Lumpia

Martabak  Jadul yang Bikin KangenMartabak Jadul yang Bikin Kangen Foto: Instagram @rievamayfara

Martabak lumpia masuk juga ke dalam martabak jadul. Bahan-bahan yang digunakan mudah ditemui dan harganya murah. Seperti kulit lumpia, telur, daun bawang, atau tahu.

Untuk membaut martabak lumpia tak begitu sulit. Tinggal membuat isian kulit lumpia tersebut, bisa menggunakan tahu yang dihancurkan lalu dicampur dengan telur.

Ada juga yang menggunakan kocokan kulit dengan tambahan daun bawang saja. Martabak lumpia ini juga tinggal digoreng dalam minyak panas. Lalu disajikan dengan cabai rawit atau saus sambal sesuai selera.

5. Martabak Bihun

Martabak  Jadul yang Bikin KangenMartabak Jadul yang Bikin Kangen Foto: Instagram @resepmartabakku

Martabak bihun adalah martabak gurih yang jadul. Asalnya dari Madura, martabak bihun ini juga populer di Surabaya. Biasanya dijadilkan camilan yang nikmat.

Martabak bihun bukan terbuat dari kulit lumpia, melainkan adonan kulit yang terbuat dari tepung terigu. Isiannya berupa bihun yang diolah dengan kol dan telur.

Ada juga yang mencampurkannya dengan wortel dan daging ayam. Penyajian martabak bihun khas Madura ini menggunakan cocolan petis. Untuk pilihan pedas, biasanya martabak bihun juga disajikan bersama cabai rawit utuh.

Baca Juga: Dari Arab, Martabak Jadi Jajanan Populer Sepanjang Masa

Halaman
1 2 Tampilkan Semua


Simak Video "Puas Ngemil Martabak Flamboyan dengan Isian Berlimpah"
[Gambas:Video 20detik]

(yms/adr)
FOKUS BERITA Martabak Manis & Gurih
FOKUS BERITA Martabak Manis & Gurih

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com