Setiap Jumat, Warung Soto Banjar Ini Menerima Pesanan Untuk Donasi

Devi Setya - detikFood Selasa, 20 Okt 2020 15:30 WIB
Setiap Jumat, Warung Soto Banjar Ini Menerima Pesanan Untuk Donasi Foto: instagram @sotobanjar_solanium
Jakarta -

Warung soto Banjar di Sidoarjo ini punya program unik. Setiap hari Jumat, pelanggan bisa pesan soto untuk disumbangkan ke panti asuhan dan orang kurang mampu.


Pemilik warung soto Banjar Solarium yang berlokasi di Sidoarjo, Jawa Timur ini tak mau duduk diam melihat dampak yang disebabkan pandemi corona. Banyak orang harus memenuhi kebutuhan makan namun di lain sisi, mereka juga kehilangan pendapatan.

Daffa, pemuda pemilik warung soto Banjar ini punya cara unik untuk mengajak orang berdonasi. Setiap hari Jumat, ia membuka sistem Pre Order soto Banjar yang nantinya akan disumbangkan untuk masyarakat yang membutuhkan.

Setiap Jumat, Warung Soto Banjar Ini Menerima Pesanan Untuk DonasiSetiap Jumat, Warung Soto Banjar Ini Menerima Pesanan Untuk Donasi Foto: instagram @sotobanjar_solanium

Warung soto Banjar yang sudah dirintisnya sejak 2019 ini dalam 2 bulan terakhir rutin menerima pesanan untuk donasi. Aksi ini disebut Daffa sebagai "Bagi-bagi makanan".

"Jadi tiap Jumat saya selalu ke panti-panti sekitar untuk bagi-bagi Soto Banjar dan nasi bungkus sesuai dengan orderan gitu. Karena belakangan ini sudah jarang yang beli untuk konsumsi pribadi, orang lebih banyak yg milih untuk didonasikan saja," ujar Daffa kepada detikFood (19/10).

Untuk bisa mengikuti program ini caranya gampang. Pelanggan bisa memesan soto dari warung Soto Banjar Solarium lalu, soto ini akan dibagikan untuk masyarakat kurang mampu.

"H-2 sebelumnya saya sudah open PO untuk dijual ke konsumen + buat donasi. Tapi sekarang mereka banyak yang order untuk didonasikan gitu," lanjut Daffa.

Biasanya setiap hari Jumat, Daffa membagikan 50 porsi soto Banjar dan nasi bungkus yang sebelumnya sudah dipesan pelanggan. Ia berharap agar semakin banyak orang yang tergerak mengikuti aksi donasi ini.

Harga perporsi soto Banjar dan nasi bungkus di sini juga terbilang terjangkau. Untuk seporsi soto Banjar komplit Rp 18.000, sementara untuk nasi bungkusnya Rp 13.000 saja.

Aksi donasi soto Banjar ini mendapat respon yang sangat baik dari masyarakat. Beberapa pelanggan juga melakukan pemesanan ulang dan setiap minggunya selalu ada yang ikut berdonasi soto Banjar.

Untuk mengikuti aksi ini, kamu tak perlu tinggal atau berada di Sidoarjo. Siapapun bisa berkontribusi, caranya dengan memesan soto Banjar dari warung Solarium dan melakukan pembayaran. Semakin banyak yang berdonasi makanan maka semakin banyak juga yang akan merasakan dampaknya.

Daffa berharap aksi ini bisa terus berjalan karena termasuk kegiatan positif "Ini juga membantu saya banget, karena bukan hanya orang yang mendapat makanan, orang-orang yang masak pun mereka juga butuh untuk menyambung hidup," pungkasnya



Simak Video "Kreasi Ibu-ibu Pangandaran, Ubah Limbah Pohon Pisang Jadi Jajanan"
[Gambas:Video 20detik]
(dvs/odi)