Restoran di Jepang Ini Izinkan Pelanggan Bawa Makanan Sisa

Devi Setya - detikFood Senin, 19 Okt 2020 16:30 WIB
Restoran di Jepang Ini Izinkan Pelanggan Bawa Makanan Sisa Foto: soranews
Jakarta -

Sebuah restoran memberlakukan kebijakan baru yakni mengizinkan pelanggan membawa makanan sisa. Ini dilakukan sebagai langkah meminimalisir sampah.

Porsi makan orang Jepang terbilang lebih sedikit dibandingkan orang-orang barat. Meski porsi makanan yang disajikan di restoran Jepang sudah terbilang kecil, masih ada saja orang yang menyisakan makanan.

Banyaknya sisa makanan yang tak termakan ini membuat sampah bertumpuk. Hal inilah yang kemudian menjadi alasan bagi restoran untuk mempersilakan pengunjung membungkus dan membawa makanan sisa.

Restoran di Jepang Ini Izinkan Pelanggan Bawa Makanan SisaRestoran di Jepang Ini Izinkan Pelanggan Bawa Makanan Sisa Foto: soranews

Dilansir dari SoraNews (19/10) sebuah jaringan restoran ternama di Jepang, Royal Host, membuat kebijakan baru terkait membawa makanan sisa. Restoran yang berfokus pada masakan gaya barat dengan cita rasa Jepang ini menyarankan pengunjung untuk membawa makanan sisa yang tak habis.

Pihak restoran akan menyediakan wadah khusus untuk mengemas makanan yang akan dibawa pulang. Sebelumnya, tidak banyak resto yang menerapkan konsep seperti ini di Jepang.

Kebanyakan makanan Jepang dimasak untuk sekali makan, sebut saja misalnya sushi atau ramen. Tapi sebenarnya banyak juga varian menu ala Jepang yang awet disimpan dalam jangka waktu lama.

Banyak restoran melarang pengunjung membungkus makanan sisa karena alasan kesehatan. Pihak resto berdalih tak ingin pelanggannya menyantap makanan sisa karena dikhawatirkan akan sakit jika makanan tidak ditangani dengan baik.

Padahal jika disimpan dan dikemas dengan baik makanan akan tetap aman dikonsumsi. Asalkan disertai informasi saran konsumsi dan umur simpan makanan yang dibungkus.

Restoran yang menerapkan sistem bungkus makanan sisa membutuhkan izin khusus. Tujuannya untuk memastikan makanan tetap aman saat dikonsumsi di rumah. Dan tentu saja hal ini tidak berlaku untuk semua jenis makanan, terutama makanan yang cepat rusak.

Restoran di Jepang Ini Izinkan Pelanggan Bawa Makanan SisaRestoran di Jepang Ini Izinkan Pelanggan Bawa Makanan Sisa Foto: soranews

Dalam pengumumannya, jaringan restoran ini ingin mengikuti seruan dari Kementerian Pertanian, Kehutanan, dan Perikanan pemerintah Jepang untuk bekerja menuju tujuan pembangunan berkelanjutan dengan mengurangi limbah makanan.

Kebijakan baru terkait membungkus makanan sisa di restoran Royal Host mulai berlaku pada 7 Oktober. Resto ini punya daftar makanan yang bisa dibawa pulang dan makanan yang dilarang dibawa pulang.

Sup, makanan mentah dan makanan segar yang mudah rusak masuk dalam daftar menu yang dilarang dibawa pulang.



Simak Video "Naik Kapal Pesiar Sambil Makan Masakan Jepang di Sukabumi"
[Gambas:Video 20detik]
(dvs/odi)