Tteokbokki Jadi 'Comfort Food' Terfavorit Orang Korea Selama Corona

Yenny Mustika Sari - detikFood Senin, 19 Okt 2020 13:30 WIB
Tteokbokki Terpilih Jadi Comfort Food Terfavorit Orang Korea Foto: iStock
Jakarta -

Selama pandemi Corona, orang-orang Korea Selatan banyak memilih tteokbokki sebagai makanan favorit mereka. Hal ini didasarkan pada hasil survei terhadap 10 ribu orang.

Tteokbokki merupakan hidangan berbahan utama tteok atau kue beras berwarna putih dengan bentuk silinder dan teksturnya kenyal. Tteok dimasak dengan bumbu merah khas Korea.

Bumbunya berupa gochujjang (pasta cabai), gochugaru (cabai bubuk), shoyu, kaldu ikan teri, daun bawang, minyak wijen, dan taburan biji wijen sebagai topping. Banyak juga yang mencampurkan tteokbokki dengan ramyeon, telur, dan odeng.

Tteokbokki Terpilih Jadi Comfort Food Terfavorit Orang KoreaTteokbokki Terpilih Jadi Comfort Food Terfavorit Orang Korea Foto: iStock

Di Korea Selatan, tteokbokki jadi jajanan kaki lima yang tak sulit ditemui. Biasanya dijajakan oleh penjual kaki lima di area street food, stasiun, atau pasar tradisional.

Pemerintah kota Seoul, Korea Selatan pada September lalu membuat survei tentang makanan rumahan favorit selama pandemi Corona. Survei ini lalu diikuti warga Korea Selatan. Terungkap mereka paling banyak memilih tteokbokki, seperti dilansir dari The Korea Times (17/10).

Baca Juga: Resep dan Cara Membuat Tteokbokki Homemade Anti Gagal

Tteokbokki yang kenyal dan bercita rasa pedas manis ini menempati urutan pertama dengan total voting lebih dari 10.000 orang. Tak hanya orang lokal Korea saja yang mengikutinya, tapi ada sekitar 50 warga asing di Seoul yang juga memilih tteokbokki.

Tteokbokki Terpilih Jadi Comfort Food Terfavorit Orang KoreaTteokbokki Terpilih Jadi Comfort Food Terfavorit Orang Korea Foto: iStock

Sebanyak 57% partisipan wanita mengikuti survei tersebut. Usia mereka sekitar 20-30 tahunan. Kota yang paling tinggi mengikuti survei adalah Seoul dengan 32,6% diikuti oleh Gyeonggi sebanyak 23%.

Survei ini dilakukan sebagai bagian dari Taste of Seoul, acara kuliner yang akan berlangsung 11-15 November 2020. Ada banyak alasan mengapa tteokbokki terpilih sebagai urutan pertama untuk makanan rumahan favorit.

Seorang partisipan di Incheon, Korea Selatan, mengatakan kalau dengan makan tteokbokki bisa melepaskan stres dan rasanya enak. Ketika dimakan dengan sundae (sosis darah) atau twigim (gorengan), maka mereka hanya fokus makan dan melupakan masalahnya.

Tteokbokki Terpilih Jadi Comfort Food Terfavorit Orang KoreaTteokbokki Terpilih Jadi Comfort Food Terfavorit Orang Korea Foto: iStock

Lalu seorang warga asing yaitu Sara Rousalova dari Ceko mengatakan, "Tteokbokki makanan yang baik untuk hilangkan pikiran negatif. Tteokbokki memberikan aku rasa pedas, hangat, dan lembut yang aku butuhkan saat aku merasa depresi," ungkapnya.

Lewat survei makanan rumahan favorit ini, Joo Yong Tae dari perwakilan pemerintah kota Seoul berharap bisa menghidupkan kembali pariwisata di Seoul selama pandemi Corona. "Kami berharap melalui makanan, kami dapat saling menyemangati dan merasakan cita rasa gastronomi Seoul yang sebenarnya," ujarnya.

Baca Juga: Setiap Hari Ratusan Orang Indonesia Ngemil Tteokbokki di Restoran Ini



Simak Video "Makanan Siap Masak dan Siap Makan Jadi Tren di 2021"
[Gambas:Video 20detik]
(yms/adr)

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com