Ulang Tahun ke-50, Supermarket Islandia Kirim Chicken Nugget ke Luar Angkasa

Yenny Mustika Sari - detikFood Jumat, 16 Okt 2020 16:00 WIB
Chicken  Nugget Dikirim ke Luar Angkasa Foto: SWNS
Jakarta -

Rayakan hari ulang tahun ke-50, supermarket Islandia ini mengirim satu chicken nugget ke luar angkasa. Konon chicken nugget berhasil capai ketinggian 33.528 meter di atas bumi!

Chicken nugget sendiri merupakan olahan ayam beku yang populer karena praktis. Biasanya nugget digoreng dan dijadikan lauk atau camilan.

Chicken nugget ini ternyata jadi bahan makanan favorit orang Islandia. Supermarket Iceland Foods pun berinisiatif membuat sesuatu yang istimewa dengan membawa chicken nugget ke luar angkasa.

Baca Juga: 5 Kisah Pengiriman Makanan ke Luar Angkasa, dari Burger hingga Durian

Chicken  Nugget Dikirim ke Luar AngkasaChicken Nugget Dikirim ke Luar Angkasa Foto: SWNS

"Kami tidak tahu siapa yang butuh dengar ini, tapi kami telah mengirimkan chicken nugget pertama ke luar angkasa hari ini," tulis admin Iceland Foods di Twitter (13/10).

Dalam video tersebut terlihat bagaimana chicken nugget diikat dengan benang nylon. Kemudian diterbangkan menuju luar angkasa.

Chicken nugget tersebut berhasil dikirim ke luar angkasa yang tingginya mencapai 110.000 kaki atau lebih dari 33 ribu meter di atas bumi. Tim ahli di bidang eksplorasi stratosfer ini menciptakan kendaraan yang tepat untuk menerbangkan nugget.

Chicken  Nugget Dikirim ke Luar AngkasaChicken Nugget Dikirim ke Luar Angkasa Foto: SWNS

Mereka menggunakan balon udara yang diisi dengan gas. Tentunya harus yang lebih ringan dari udara untuk membawa muatan ke stratosfer.

Kendaraan itu juga dilengkapi dengan avionik primer, pelacakan satelit tambahan, dan sistem pendukung kamera terintergrasi. Kamera tersebut dapat mengambil rekaman video.

Lokasi yang digunakan dalam peluncuran chicken nugget ke luar angkasa ini adalah kantor pusat supermarket Iceland Foods. Tepatnya di Deeside, Wales Utara.

Chicken nugget dipilih ternyata tak tanpa alasan. Ini karena penjualan chicken nugget di Islandia sangat pesat. Sepanjang 50 tahun supermarket Iceland Foods berdiri, lebih dari 10 juta chicken nugget terjual dalam satu minggu.

Chicken  Nugget Dikirim ke Luar AngkasaChicken Nugget Dikirim ke Luar Angkasa Foto: SWNS

Direktur Perdagangan Iceland Foods, Andrew Staniland mengatakan, "2020 adalah tahun yang besar bagi kami untuk merayakan ulang tahun ke-50. Kami juga ingin menemukan cara untuk menandai kesempatan tersebut,"

"Caranya dengan menunjukkan produk kami keluar dari dunia ini. Salah satunya dengan mengirimkan yang jadi favorit pelanggan kami ke luar angkasa," lanjut Andrew Staniland.

Chicken  Nugget Dikirim ke Luar AngkasaChicken Nugget Dikirim ke Luar Angkasa Foto: SWNS

Andrew Staniland juga mengucapkan rasa terima kasihnya kepada pelanggan setia yang telah membeli chicken nugget. Pengiriman chicken nugget ke luar angkasa ini bermitra dengan Sent into Space, tim ahli di bidangan petualangan stratosfer.

Sementara itu, Elon Musk yang merupakan CEO dari SpaceX akan segera mengaktifkan internet global super cepat oleh Starlink. Kabarnya Elon Musk juga akan mengirimkan manusia ke Mars pada awal 2024 mendatang.

Baca Juga: Pertama di Dunia! Daging Ini Diproduksi di Luar Angkasa



Simak Video "Menjajal Martabak Manis Tradisional di Bogor "
[Gambas:Video 20detik]
(yms/adr)