Hari Pangan Sedunia Dirayakan Bersama Pahlawan Pangan

Sonia Basoni - detikFood Jumat, 16 Okt 2020 14:00 WIB
Hari Pangan Sedunia Dirayakan Bersama Pahlawan Pangan Foto: FAO Indonesia
Jakarta -

Hari Pangan Sedunia atau World Food Day diperingati setiap tanggal 16 Oktober di dunia. Tahun ini lebih dari 150 negara memperingati Hari Pangan Sedunia dengan kondisi yang berbeda, setelah pandemi COVID-19 mempengaruhi sistem pangan hingga pertanian.

Baca Juga: 5 Cara Sederhana Menjaga Keamanan Pangan di Rumah

Selama lebih dari 75 tahun Food and Agriculture Organization of the United Nations (FAO), FAO terus membangun pertanian hingga menyediakan akses makanan bergizi untuk semua orang-orang yang membutuhkan.

Tahun ini FAO mengangkat tema "Tumbuhkan, Pelihara, Lestarikan Bersama. Tindakan kita adalah Masa Depan kita" untuk merayakan Hari Pangan Sedunia ini.

Hari Pangan Sedunia Dirayakan Bersama Pahlawan PanganHari Pangan Sedunia Dirayakan Bersama Pahlawan Pangan Foto: FAO Indonesia

"Kita membutuhkan inovasi dan kemitraan yang kuat. Setiap orang memiliki peran untuk dilakukan mulai dari pemerintah, swasta hingga individu untuk memastikan makanan sehat dan bergizi tersedia untuk semua," jelas Victor Moi, Perwakilan FAO di Indonesia lewat keterangan pers tertulisnya (16/10).

Di tengah pandemi ini, FAO menyorot tentang rapuhnya sistem pangan dan pertanian global yang disebabkan oleh pandemi. Rapuhnya sistem ini bisa memicu resesi ekonomi dunia.

Lewat data yang dihimpun FAO, diprediksikan akan ada 132 juta orang mengalami wabah kelaparan hingga akhir tahun ini karena resesi. Ditambah dengan fakta bahwa jauh sebelum pandemi pun, sudah ada dua miliar orang yang kekurangan makanan sehat dan bergizi.

Hari Pangan Sedunia Dirayakan Bersama Pahlawan PanganHari Pangan Sedunia Dirayakan Bersama Pahlawan Pangan Foto: iStock

Semenjak pandemi masalah sistem pangan dan pertanian di dunia menjadi tak seimbang. Memang hingga saat ini masih ada stok makanan yang cukup untuk jutaan orang.

Tapi FAO menyadari bahwa itu semua tidak cukup untuk menuntaskan beberapa masalah global yang berkaitan dengan makanan.

Mulai dari angka kelaparan yang tinggi, tingkat kegemukan yang terus meningkat, lingkungan yang tercemar, limbah makanan yang terus bertambah sampai kurangnya efektivitas rantai pangan masih terus terjadi.

Hari Pangan Sedunia Dirayakan Bersama Pahlawan PanganHari Pangan Sedunia Dirayakan Bersama Pahlawan Pangan Foto: FAO Indonesia

Tapi di sisi lain FAO yakin bahwa di tengah rapuhnya sistem pangan dan pertanian global, akan selalu ada kesempatan baru untuk membangun kembali sistem pangan dan pertanian di tengah pandemi.

Hal ini bisa dilihat dari banyaknya Pahlawan Pangan seperti petani, nelayan, komunitas hutan hingga peternak yang berhasil menyesuaikan diri. Mereka terus bekerja di tengah pandemi untuk terus menghasilkan makanan hingga menjaga rantai pangan di dunia.

Untuk memberikan rasa terima kasih kepada Pahlawan Pangan di seluruh dunia, terutama di Indonesia. FAO Indonesia akan mengadakan beberapa kegiatan dengan tema 'Food Heroes Festival' secara virtual di bulan Oktober ini.

Hari Pangan Sedunia Dirayakan Bersama Pahlawan PanganHari Pangan Sedunia Dirayakan Bersama Pahlawan Pangan Foto: FAO Indonesia

Seperti acara Giveaway di media sosial, pameran virtual, kontes membuat poster global, talk show virtual, sampai workshop virtual.

Dengan rangkaian 'Food Heroes Festival' ini, FAO berharap festival ini akan membawa banyak orang untuk lebih menghargai Pahlawan Pangan di Indonesia.

Baca Juga: Hari Pangan Sedunia Bisa Dirayakan dengan 5 Cata Menarik Ini



Simak Video "Nyobain Kue Pukis KFC, Rasanya Premium Banget!"
[Gambas:Video 20detik]
(sob/odi)