Kue Klasik Ngetren

Resep Marmer Cake Super Lembut ala Thomaz Law

Yenny Mustika Sari - detikFood Jumat, 16 Okt 2020 13:00 WIB
Resep Marmer Caker Super Lembut Ala Thomaz Law Foto: dok. detikFood

Tips marmer cake super lembut ala Thomaz Law:

1. Butter

Untuk menghasilkan marmer cake yang super lembut, penggunaan butter dalam adonan harus diperhatikan. Menurut chef Thomaz Law, butter yang digunakan harus dingin.

"Jadi butter-nya itu tidak boleh yang suhu ruang. Kalau yang suhu ruang nantinya ketika dicampurkan dengan putih telur itu akan menghasilkan adonan yang lebih encer. That's why butter-nya wajib dingin," ujar Thomaz Law kepada detikFood (14/10).

Resep Marmer Caker Super Lembut Ala Thomaz LawResep Marmer Caker Super Lembut Ala Thomaz Law Foto: dok. detikFood

2. Tidak Boleh Over-mixing

Cara mengaduk menggunakan mixer juga perlu diperhatikan kalau ingin marmer cake jadi super lembut. Chef Thomaz Law menyarankan untuk tidak mengaduk terlalu lama.

"Tidak boleh over-mixing, jadi nge-mixer nya itu tidak boleh terlalu lama. Tujuannya adalah supaya cake-nya tuh lembut," beber Thomaz.

3. Kuning Telur

Pada resep marmer cake ala dirinya, kuning telur harus dimasukkan satu per satu ke dalam adonan. Ternyata ini bertujuan untuk membuat marmer cake jadi super lembut.

Jika kuning telur dan butter dicampurkan secara bersamaan atau sekaligus, nantinya adonan tidak tercampur rata. "Lebih baik dikocok satu per satu kuning telurnya. Dengan tujuan akan lebih cepat tercampur," ujarnya.

Resep Marmer Caker Super Lembut Ala Thomaz LawResep Marmer Caker Super Lembut Ala Thomaz Law Foto: dok. detikFood

4. Cream of tartar

Bahan acid atau dalam membuat marmer cake juga harus ada. Gunanya untuk membuat putih telur mengembang dan kaku. Karena kalau tidak menggunakan bahan acid, putih telur akan cepat encer atau berair.

"Karena tadi cuma pure putih telur, harus dibantu dengan sesuatu yang asam sifatnya. Kayak tadi aku pakai cream of tartar (cot) untuk mengikat putih telur tersebut," beber Thomaz.

Untuk bahan asam yang digunakan bisa diganti dengan bahan lainnya. Seperti air lemon atau cuka apel. Takarannya sedikit saja karena hanya untuk mengikat putih telur itu.

Baca Juga: Law's Kitchen: Lembut Harum Marmer Cake dan Bolu Jadul Buatan 'The King of Marmer Cake'

Halaman
1 2 Tampilkan Semua


Simak Video "Bikin Marmer Cake Bersama Chef Thomaz Law"
[Gambas:Video 20detik]

(yms/adr)

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com