Pria 24 Tahun Ini Sukses Bisnis Tempe Kekinian di Bali

Devi Setya - detikFood Kamis, 15 Okt 2020 14:30 WIB
Pria 24 Tahun Ini Sukses Bisnis Tempe Kekinian di Bali Foto: youtube Bali Foodie/instagram Ini Tempe
Jakarta -

Benny Santoso kini bisa memetik hasil dari jerih payahnya mengolah tempe. Ia berbisnis tempe kekinian seperti cookies dan keripik tempe yang kriuk renyah.

Di usia muda, Benny banyak menghabiskan waktu untuk mengolah tempe. Pria 24 tahun asal Solo yang kini tinggal di Bali ini meracik tempe jadi makanan naik kelas.

Awalnya tertarik pada tempe tak lain karena tugas akhir kuliahnya. Benny yang mengenyam pendidikan di STP Nusa Dua, Bali ini membuat kreasi tempe sebagai salah satu tugas kuliah.

Pria 24 Tahun Ini Sukses Bisnis Tempe Kekinian di BaliPria 24 Tahun Ini Sukses Bisnis Tempe Kekinian di Bali Foto: youtube Bali Foodie/instagram Ini Tempe

"Awalnya bikin tempe rasa keju dan bawang putih. Yang keju maknyus, berasa kejunya. Tapi yang bawang putih gagal melulu. Masuk akal sih bawang putih ada kandungan antibakterinya jadi tempenyab selalu gagal," beber Benny dalam video yang diunggah lewat channel Bali Foodie.

Berkali-kali gagal meracik tempe tak membuat Benny kapok. Ia kemudian pindah ke kawasan Ubud dan tetap membuat tempe.

Saat di Ubud, Benny juga mengalami kegagalan saat membuat olahan kacang kedelai ini. Ia mencoba membuat 25 kilogram kedelai untuk menjadi tempe tapi semua gagal.

Sampai suatu hari, tetangga Benny yang seorang bule menyarankan untuk membuat kreasi tempe. "Akhirnya coba jual tempe ke tetangga bule. Dia kasih ide kenapa nggak bikin kreasi tempe lain, bukan tempe polosan," kata Benny.

Inilah awal dari cikal bakal hadirnya produk Ini Tempe besutan Benny. Ini Tempe saat ini memproduksi berbagai olahan tempe mulai dari kue kering, keripik tempe dan berbagai varian tempe segar.

Benny membuat kemasan untuk produknya ini sehingga tampilannya makin cantik. Untuk kue kering tempe, Benny meminta bantuan sang ibu yang memang memiliki usaha kue kering.

Pria berkacamata ini mengungkap kalau ingin memulai bisnis diperlukan modal pengetahuan, koneksi dan keuangan. Jatuh bangun usaha tempe ini sudah dialami Benny.

Pria 24 Tahun Ini Sukses Bisnis Tempe Kekinian di BaliPria 24 Tahun Ini Sukses Bisnis Tempe Kekinian di Bali Foto: youtube Bali Foodie/instagram Ini Tempe

Mulai dari masalah SDM hingga masalah pandemi corona yang nyaris melumpuhkan wisata di Bali. Meski penjualan merosot tapi Benny masih mengucap syukur karena peminat olahan tempenya tetap ada.

Saat ini produk Ini Tempe bisa dibeli secara online ataupun offline di beberapa toko healthy food di Bali. Harapan Benny, kelak semoga tempenya bisa lebih dikenal luas secara nasional maupun pasar internasional.



Simak Video "Perpaduan Es Krim dan Tempe, Seenak Apa ya?"
[Gambas:Video 20detik]
(dvs/odi)