Kue Klasik Ngetren

Thomaz Law, 'King of Marmer Cake' yang Jatuh Cinta pada Kue Klasik Indonesia

Andi Annisa Dwi Rahmawati - detikFood Kamis, 15 Okt 2020 15:00 WIB
Thomaz Law, King of Marmer Cake yang Jatuh Cinta Pada Kue Klasik Indonesia Foto: dok. detikFood
FOKUS BERITA Kue Klasik Ngetren

4. Melakukan improvisasi resep kue klasik

Thomaz Law, 'King of Marmer Cake' yang Jatuh Cinta Pada Kue Klasik IndonesiaThomaz Law, 'King of Marmer Cake' yang Jatuh Cinta Pada Kue Klasik Indonesia Foto: dok. detikFood

Meski membuat kue klasik, chef Thomaz tak berpatokan 100 persen pada resep dan teknik membuat kue zaman dulu. Ia melakukan improvisasi agar kue klasik Indonesia ini bisa diterima selera orang saat ini.

"Sebenarnya kalau mau dibilang, dari segi teknik dan resep, banyak sekali improvisasi dan juga trial error berkali-kali. Lebih dari 10 kali untuk mendapatkan resep dan teknik yang tepat. Karena tidak pakai bahan pengembang, dan lain-lain, menjadikan trik sendiri. Gimana (kue) yang empuk dan lembut supaya bisa diterima di lidah orang Indonesia," ujarnya.

Pada marmer cake, misalnya, chef Thomaz mengganti sedikit teknik pembuatan butter cake ini dengan teknik chiffon cake. "Pengocokan telurnya dipisah supaya lembut dan tekstur kuenya tidak crumbly (beremah)," bebernya.

5. Harga marmer cake buatan chef Thomaz

Thomaz Law, 'King of Marmer Cake' yang Jatuh Cinta Pada Kue Klasik IndonesiaThomaz Law, 'King of Marmer Cake' yang Jatuh Cinta Pada Kue Klasik Indonesia Foto: dok. detikFood

Dalam sehari, chef Thomaz tak pernah menargetkan berapa banyak kue-kue klasik dibuat. Ia membuatnya berdasarkan pesanan. Untuk marmer cake ada di kisaran 18 buah per hari, tapi kalau hari besar bisa sampai 80 loyang per hari.

Adapun harga marmer cake buatan chef Thomaz mulai dari Rp 250 ribu sampai Rp 340 ribu. Ini dibedakan dari jumlah penggunaan butter dan motif yang dipilih.

Selain marmer cake, Law's Kitchen sebenarnya punya lebih dari 50 varian kue. "Tapi yang paling banyak dicari kue kering, marmer, bolu jadul, blackforest, lapis Surabaya, dan banyak lainnya," tutup chef Thomaz.

Baca Juga: Chui Kao So, Kue Kering Hits Lebaran yang Gampang Dibuat

Halaman
1 2 3 Tampilkan Semua


Simak Video "Cerita Chef Thomaz Law yang Kini Geluti Kue Klasik Indonesia"
[Gambas:Video 20detik]

(adr/odi)
FOKUS BERITA Kue Klasik Ngetren
FOKUS BERITA Kue Klasik Ngetren

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com