Chef Bintang Michelin Ini Beri Makan Jutaan Orang di India Terdampak COVID-19

Riska Fitria - detikFood Kamis, 15 Okt 2020 13:30 WIB
Chef Bintang Michelin Ini Beri Makan Jutaan Orang di India Terdampak COVID-19 Foto: Twitter @Thevikaskhanna
Jakarta -

Punya rasa sosial yang tinggi, seorang chef bintang Michelin ini membantu jutaan orang di India dengan memberi makanan gratis. Aksinya menuai banyak pujian.

Adalah Vikas Khanna, seorang chef restoran berbintang Michelin asal India. Namun, Vikas telah tinggal di Amerika Serikat sudah lebih dari 20 tahun.

Meski berjaya di Amerika, tetapi Vikas tetap tidak melupakan negara asalnya. Di India, ibunya tinggal di Amritsar, Punjab Utara, seperti yang dilansir dari CNN (12/10).

Chef Bintang Michelin Ini Beri Makan Jutaan Orang di India Terdampak COVID-19Chef Bintang Michelin Ini Beri Makan Jutaan Orang di India Terdampak COVID-19 Foto: Vikas Khanna

Baca Juga : Berbagi Makanan Bisa Buat Orang Jadi Lebih Baik, Ini Penjelasannya

Di masa pandemi COVID-19 seperti ini, seluruh dunia terkena dampaknya. Tak terkecuali India yang memiliki jumlah kasus tertinggi kedua di dunia setelah Amerika.

Karenanya Vikas turut membantu masyarakat India yang mengalami kesulitan akibat pandemi COVID-19. Melalui 'Feed India', ia membantu memberi makan sekitar 50 juta orang di India.

Dengan segala prestasinya sebagai chef restoran bintang Michelin di Amerika, Vikas menyebut bahwa 'Feed India' yang ia buat adalah pencapaian terbesarnya sejauh ini.

Chef Bintang Michelin Ini Beri Makan Jutaan Orang di India Terdampak COVID-19Chef Bintang Michelin Ini Beri Makan Jutaan Orang di India Terdampak COVID-19 Foto: Twitter @Thevikaskhanna

"Otak saya berkata 'jangan lakukan itu, kamu akan terganggu', tapi hari saya mengatakan bahwa 'ibumu tidak membesarkanmu untuk eksis di Instagram dan memasang foto selfiemu'," ujar Vikas.

Dalam menjalankan 'Feed India', Vikas tidak sendirian, melainkan dibantu oleh relawan yang ia rekrut. Sukarelawan itu bertugas untuk mengantarkan makanan kepada kaum marginal di India.

Tercetusnya ide untuk berbagi makanan gratis ini berawal dari dirinya yang menerima email penipuan. Dalam email, ada pihak yang meminta sumbangan untuk orang India yang kelaparan.

Chef Bintang Michelin Ini Beri Makan Jutaan Orang di India Terdampak COVID-19Chef Bintang Michelin Ini Beri Makan Jutaan Orang di India Terdampak COVID-19 Foto: Twitter @Thevikaskhanna

Di email tersebut juga menyertakan foto seorang nenek dengan piring kosong. Karena tersentuh, akhirnya Vikas menyumbangkan uangnya. Namun, sayangnya Vikas tertipu.

Meski uangnya hilang, tetapi foto nenek dengan piring kosong tetap mambayanginya. Sejak saat itu ia berniat untuk membantu mereka yang kelaparan.

Lewat sebuah cuitan di Twitter (01/04) ia mengontak panti jompo, panti asuhan hingga panti kusta di India yang membutuhkan bantuan. Awalnya, Vikas merasa kesulitan dan ingin berhenti menjalankan aksinya ini.

Namun, berkat semangat dari ibunya, Vikas pun melanjutkan aksi berbagi makanan dengan menggandeng organisasi terpercaya bernama NDRF.

Chef Bintang Michelin Ini Beri Makan Jutaan Orang di India Terdampak COVID-19Chef Bintang Michelin Ini Beri Makan Jutaan Orang di India Terdampak COVID-19 Foto: Twitter @Thevikaskhanna

Lewat organisasi itu, Vikas berhasil menolong jutaan orang, termasuk pekerja migran, transgender, PSK, pasien HIV/AIDS, anak yatim piatu, manula, hingga korban banjir.

Semua bantuan makanan yang diberikan merupakan hasil dari uang tabungannya sendiri. Berkat kemuliaan hatinya, Vikas juga mendapat bantuan dari berbagai merek produk makanan dan minuman.

Baca Juga : Penjual Kerupuk Keliling Ini Sukses Dirikan Bisnis Makanan



Simak Video "Cerita Inspiratif Kawanan Anak Muda Dirikan Kedai Kopi"
[Gambas:Video 20detik]
(raf/odi)