Berbagi Makanan Bisa Buat Orang Jadi Lebih Baik, Ini Penjelasannya

Angga Laraspati - detikFood Minggu, 12 Apr 2020 12:31 WIB
Makan Bersama Foto: Shutterstock
Jakarta -

Makanan tentu lebih nikmat bila disantap bersama-sama. Sebuah studi pun mengungkapkan ternyata berbagai makanan dengan orang lain atau keluarga bisa membuat seseorang punya perilaku lebih baik.

Dilansir dari Time, penelitian tersebut dilakukan oleh Charlotte De Backer dari University of Antwerp di Belgia tersebut melibatkan 466 siswa Belgia. Studi yang dipublikasikan pada jurnal Appetite itu mengaitkan hubungan antara berbagi makanan saat masih kecil dengan perilaku tidak egois saat sudah dewasa. Orang yang berbagi makanan dengan keluarga cenderung lebih altruistik atau tidak mementingkan diri sendiri.

Hasil penelitian menunjukkan partisipan yang lebih sering berbagi makanan pada masa kecil memiliki skor lebih baik untuk perilaku altruistik. Terutama saat memberi arahan jalan pada orang asing, menawarkan kursi di transportasi umum, membantu teman pindah, dan menjadi relawan.

Menurut De Backer, pemimpin penelitian, berbagi makanan membuat orang berpikir tentang keadilan (apakah saya mendapat sebanyak orang lain di meja?), otoritas (siapa yang pertama dilayani?) dan keserakahan (kadang saya tidak bisa mengambil sebanyak apa yang diinginkan secara pribadi). Mereka memahami gagasan kesetaraan, di mana setiap orang bisa makan makanan yang sama dan tidak ada yang dapat mengonsumsi semuanya.

"Negara-negara Asia memiliki tradisi kuat dalam berbagi makanan. Di negara Barat pun sebagian besar restoran Asia menyajikan makanan di piring besar untuk berbagi dengan semua orang yang duduk di meja sama," tutur Charlotte, seperti dilansir dari Time (12/4/2020).

Adapun untuk membagikan makanan tersebut pada kondisi PSBB saat ini bukanlah perkara yang sulit, karena dengan penawaran dari Grab ini, berbagi makanan dengan keluarga akan lebih mudah. Karena dengan promo dari Grab kamu sudah bisa menikmati makanan dari restoran favoritmu di GrabKitchen dan bisa membagikannya ke anggota keluarga. Dengan menggunakan promo 'MAKANDIRUMAH' kamu sudah bisa menikmati potongan harga 40%.

Adapun syarat dan ketentuannya sebagai berikut.

  • Promo hanya berlaku sampai dengan 30 April 2020
  • Hanya bisa digunakan pada pukul 08.00-22.00
  • Promo hanya berlaku di merchant cabang GrabKitchen
  • Promo juga berlaku untuk pemesanan di seluruh GrabKitchen All In One
  • Diskon 40% dengan minimum belanja Rp 100.000 dengan potongan harga maksimal Rp 70.000
  • Promo hanya berlaku untuk transaksi menggunakan OVO
  • Promo ini terbatas setiap harinya.

Jangan ragu lagi, yuk berbagi makanan bersama keluarga untuk menjadi pribadi yang lebih baik lagi. Apalagi dengan adanya promo dari Grab, makan-makan bersama keluarga makin meriah dan hemat.



Simak Video "Merasakan Jadi Kurir Antar Makanan Keliling Kota Medan"
[Gambas:Video 20detik]
(akn/ega)