Kue Klasik Ngetren

Pastel, Jajanan Indonesia yang Diadaptasi dari Empanada

Andi Annisa Dwi Rahmawati - detikFood Rabu, 14 Okt 2020 09:00 WIB
Pastel, Jajanan Indonesia yang Diadaptasi dari Empanada Foto: Getty Images/iStockphoto/Gilnature
FOKUS BERITA Kue Klasik Ngetren
Jakarta -

Pastel adalah jajanan yang selalu dicari. Bentuknya khas, melengkung seperti bulan sabit dengan gelombang-gelombang kecil di sisinya.

Pastel juga jadi kudapan mengenyangkan karena padat isian. Bagian luarnya adalah kulit pastry yang agak tebal dan renyah. Kemudian di dalamnya berisi aneka sayuran, suun dan telur rebus.

Membicarakan asal-usulnya, pastel ternyata punya sejarah panjang. Ada yang menyebut pastel berasal dari Spanyol dan Portugal.

Kini pastel juga jadi jajanan yang diberi sentuhan kekinian. Pastel diberi isian smoked beef hingga dibuat dengan bentuk besar layaknya UFO.

detikFood merangkum fakta soal pastel (13/10) seperti berikut:

1. Sebutan pastel

Pastel, Jajanan Indonesia yang Diadaptasi dari EmpanadaPastel, Jajanan Indonesia yang Diadaptasi dari Empanada Foto: Getty Images/iStockphoto/Gilnature

Pastel yang kita kenal saat ini konon mendapat pengaruh dari Spanyol dan Portugal. Di sana ada sajian dengan nama 'pastel' juga.

Wikipedia (13/10) menulis kata 'pastel' berarti 'pastry'. Bisa berupa makanan gurih atau manis. Di Portugal, misalnya, pastel dikenal sebagai dessert.

Sajian ini bernama Pastel de nata. Berupa egg tart khas Portugal yang ditaburi bubuk kayu manis. Sementara di Spanyol, pastel merupakan sebutan untuk kue. Namun bisa juga berarti sajian lain.

Teori lain menyebut pastel mendapat pengaruh dari empanada, roti isi khas Spanyol yang sudah ada sejak tahun 1520 di Galicia. Untuk isiannya, empanada berisi tuna, sarden, atau chorizo.

Selanjutnya
Halaman
1 2 3


Simak Video "Resep Membuat Kue Pastel Tutup yang Yummy"
[Gambas:Video 20detik]
FOKUS BERITA Kue Klasik Ngetren
FOKUS BERITA Kue Klasik Ngetren