Kue Klasik Ngetren

5 Bolu Jadul Ini Tetap Eksis, dari Marmer Cake hingga Nougat

Yenny Mustika Sari - detikFood Selasa, 13 Okt 2020 16:00 WIB
Bolu Jadul yang Tetap Eksis Foto: dok. detikFood
FOKUS BERITA Kue Klasik Ngetren

3. Bolu Lapis Surabaya

Bolu Jadul yang Tetap EksisBolu Jadul yang Tetap Eksis Foto: iStock

Sesuai namanya, bolu jadul ini sangat populer di Surabaya. Bahkan sangat populer dan jadi ikon oleh-oleh kota Surabaya. Bolu Lapis Surabaya juga dikenal dengan nama Spikoe.

Spikoe sendiri berasal dari bahasa Belanda yaitu spekook. Dulunya bolu lapis Surabaya disajikan untuk para bangsawan Belanda. Biasanya digunakan sebagai pelengkap saat perjamuan minum teh.

Bolu jadul ini teksturnya sangat lembut dan rasanya tak begitu manis. Bolu lapis Surabaya terdiri dari dua layer yang ditengahnya berisikan selai buah, kismis, atau buah kering lainnya.

4. Bolu Mocca Nougat

Bolu Jadul yang Tetap EksisBolu Jadul yang Tetap Eksis Foto: Instagram @amarocake_bdg

Bolu Mocca Nougat adalah bolu jadul yang masih eksis sampai sekarang. Berupa sponge cake yang diolesi buttercream rasa mocca. Setelah itu ditaburi nougat yang melimpah.

Tak hanya ditaburkan di bagian atas bolu, ada juga yang menaburkan nougatnya ke seluruh permukaan. Ada juga varian bolu gulung yang menggunakan nougat.

Menyoal rasa, bolu mocca nougat punya rasa manis cenderung gurih. Teksturnya juga agak crunchy (renyah) dari cincangan kacang. Banyak dijual via online, salah satunya di akun Instagram @amarocake_bdg.

5. Lapis Legit

Bolu Jadul yang Tetap EksisBolu Jadul yang Tetap Eksis Foto: dok. detikFood

Lapis legit juga salah satu bolu jadul yang masih eksis dan banyak digemari. Kue ini sudah ada sejak zaman Belanda. Terinspirasi dari spekook yang merupakan bolu lapis khas Belanda.

Terbuat dari bahan dasar kuning telur, mentega, terigu, dan gula. Untuk membuat kue lapis legit juga memerlukan kuning telur yang banyak. Bisa menghabiskan hingga 30 butir atau lebih.

Untuk membuat kue klasik yang rasanya manis legit ini memerlukan waktu yang cukup lama. Karena lapisannya harus dipanggang satu per satu. Tak heran kalau harga lapis legit relatif mahal.

Baca Juga: Moist: Ngemil Lapis Legit Homemade Enak Seharga Rp 45.000 per Loyang

Halaman
1 2 Tampilkan Semua


Simak Video "Yuk Bikin Kreasi Bolu Jadul dengan Topping Kekinian!"
[Gambas:Video 20detik]

(yms/adr)
FOKUS BERITA Kue Klasik Ngetren
FOKUS BERITA Kue Klasik Ngetren

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com