Kue Klasik Ngetren

5 Bolu Jadul Ini Tetap Eksis, dari Marmer Cake hingga Nougat

Yenny Mustika Sari - detikFood Selasa, 13 Okt 2020 16:00 WIB
Bolu Jadul yang Tetap Eksis Foto: dok. detikFood
FOKUS BERITA Kue Klasik Ngetren
Jakarta -

Bolu jadul di Indonesia ini masih tetap eksis sampai sekarang. Seperti bolu marmer yang tampilannya cantik hingga bolu nougat yang crunchy.

Walaupun sudah ada sejak zaman dulu alias 'jadul', tapi eksistensi kelima bolu ini belum pudar. Bahkan kini bolu-bolu jadul ini jadi tren lagi dan banyak dijual online.

Kelima bolu berikut ini dibedakan berdasarkan adonan kue, tekstur, hingga rasanya. Sebut saja marmer cake, bolu dengan taburan cokelat meisjes, lapis Surabaya (spikoe), hingga bolu nougat yang taburan kacangnya melimpah.

Memang terlihat jadul, tapi kelima bolu ini masih diminati banyak orang. Tak hanya dijual di toko roti ternama, tapi usaha rumahan (UMKM) juga menyediakannya.

Berikut 5 bolu jadul yang tetap eksis:

1. Bolu Cokelat Meisjes

Bolu Jadul yang Tetap EksisBolu Jadul yang Tetap Eksis Foto: dok. detikFood

Bolu Cokelat Meisjes juga kembali jadi tren dan banyak diburu. Bolu jadul dengan taburan cokelat meisjes ini memang tampak sederhana. Menyoal rasa pasti bikin ketagihan.

Bolu cokelat meisjes terbuat dari sponge cake yang diatasnya diolesi buttercream. Lalu, diberikan topping cokelat meisjes yang melimpah. Rasa bolu cokelat meisjes ini manis ringan walaupun cokelat meisjesnya berlimpah.

Bolu jadul ini biasanya jadi teman minum teh atau kopi di sore hari. Kalau mau beli, Lawsthomaz juga menawarkan varian bolu cokelat meisjes. Harganya dibanderol Rp 150.000-an.

2. Marmer Cake

Bolu Jadul yang Tetap EksisBolu Jadul yang Tetap Eksis Foto: dok. detikFood

Seperti namanya, bolu jadul ini punya tampilan corak mirip marmer. Marmer cake ini juga kerap disebut bolu macan karena tampilannya yang memiliki corak loreng.

Marmer cake merupakan varian bolu lembut dengan aroma mentega kuat. Untuk membuatnya terdiri dari dua adonan, yang original dan ditambahkan perasa cokelat. Ada juga varian pandan dengan warna dasarnya hijau muda.

Tak susah untuk mendapatkan marmer cake ini, banyak ditemui di toko roti atau kue. Usaha rumahan yang menjual via online pun banyak yang menawarkan varian marmer cake ini.

Salah satu yang populer adalah Lawthomaz. Marmer cake yang ditawarkannya punya tampilan cantik. Harga yang ditawarkan mulai dari Rp 200 ribu.

Baca Juga: Law's Kitchen: Lembut Harum Marmer Cake dan Bolu Jadul Buatan 'The King of Marmer Cake'

Selanjutnya
Halaman
1 2


Simak Video "Yuk Bikin Kreasi Bolu Jadul dengan Topping Kekinian!"
[Gambas:Video 20detik]
FOKUS BERITA Kue Klasik Ngetren
FOKUS BERITA Kue Klasik Ngetren

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com