Ada Strata Sosial Saat Menyantap BBQ Korea, Ini 5 Faktanya

Riska Fitria - detikFood Selasa, 13 Okt 2020 11:00 WIB
Ada Strata Sosial Saat Menyantap BBQ Korea, Ini 5 Faktanya Foto: iStock
Jakarta -

Bagi orang Korea, menyantap sajian barbeque (BBQ) sudah menjadi tradisi. Bahkan ada hierarki sosial yang harus diterapkan saat menyantap BBQ.

BBQ merupakan makanan yang populer di Korea. Momen orang Korea saat menyantap BBQ Korea juga banyak diperlihatkan dalam adegan drama atau film.

Kopuleran BBQ korea juga sampai ke Indonesia. Banyak restoran yang bermunculan untuk menawarkan sajian BBQ khas negeri ginseng.

Namun, restoran BBQ Korea yang ada di Indonesia dan di Korea sangat berbeda. Mulai dari jenis daging yang dipakai, hingga cara menyantapnya.

Pasalnya di Korea ada hierarki sosial yang penting untuk diterapkan saat menyantap BBQ Korea . Selain itu, ada tradisi-tradisi lain yang dianggap penting oleh orang Korea.

Dilansir dari Herworld (06/10) berikut 5 fakta menarik tentang BBQ Korea.

1. Makanan yang Terjangkau di Korea

Ada Strata Sosial Saat Menyantap BBQ Korea, Ini 5 FaktanyaAda Strata Sosial Saat Menyantap BBQ Korea, Ini 5 Faktanya Foto: iStock

Mungkin bagi kebanyakan orang Indonesia, daging bukanlah makanan sehari-hari. Ada momen-momen tertentu untuk makan daging, misalnya saat lebaran atau sebuah pesta.

Namun, berbeda dengan di Korea di mana makan daging sudah menjadi kebiasaan sehari-hari. Seperti halnya BBQ Korea yang selalu jadi menu makan makan di Korea.

Menurut Joel, seorang koki di Korea, biasanya orang Korea selalu pergi ke restoran BBQ paling tidak sekali dalam seminggu. Itu karena harga BBQ Korea yang terbilang terjangkau di Korea.

Rata-rata harga yang ditawarkan untukBBQ Korea sekitar Rp 434.350 hingga Rp 543.940. Harga tersebut terbilang terjangkau bagi orang-orang di Korea.

Baca Juga : Dibalut Bumbu Gurih dan Banchan, Ini 5 Resto AYCE Korean BBQ Enak

2. BBQ Korea Identik dengan Daging Babi

Ada Strata Sosial Saat Menyantap BBQ Korea, Ini 5 FaktanyaAda Strata Sosial Saat Menyantap BBQ Korea, Ini 5 Faktanya Foto: iStock

Bukan daging sapi, BBQ Korea sebenarnya terbuat dari daging babi. Biasanya bagian daging babi yang populer dijadikan BBQ adalah perut, leher, rahang hingga iga babi.

Menurut Chris Kim, seorang warga Korea-Singapura, daging sapi bukanlah hal yang biasa di restoran BBQ di Korea. Karena harga daging sapi agak mahal.

Itulah mengapa BBQ Korea di Korea harganya terjangkau, karena terbuat dari daging babi. Biasanya daging babi bagian perut disajikan dengan potongan yang tebal.

Namun belakangan ini, banyak restoran BBQ yang menawarkan daging sapi. Dan tentunya harga yang ditawarkan lebih mahal. Biasanya restoran BBQ di Korea memiliki peternakan sapi atau babi sendiri.

Selanjutnya
Halaman
1 2 3