Daftar Tanaman Toga dan Khasiatnya Lengkap untuk Kesehatan

Puti Yasmin - detikFood Selasa, 13 Okt 2020 05:00 WIB
Tanaman obat di bandung barat Foto: Kementan/Daftar Tanaman Toga dan Khasiatnya Lengkap untuk Kesehatan
Jakarta -

Tanaman toga atau tanaman obat keluarga dikenal akan manfaatnya yang beragam dari masa ke masa. Bahkan, beberapa pengobatan herbal menggunakan tanaman toga.

Untuk mengembangbiakkannya, tak perlu repot-repot. Sebab, bibit tanaman toga bisa ditanam di pekarangan rumah dan dirawat dengan mudah.

Berikut daftar tanaman toga:

1. Kunyit

Tanaman toga yang memiliki manfaat bagi kesehatan adalah kunyit. Pasalnya, mengonsumsi kunyit bisa menurunkan kadar lemak dan kolesterol dalam darah.

Caranya cukup dengan memarut kunit dan ambil sarinya berupa air dan minum secara rutin.

2. Kencur

Tanaman ini memiliki bau yang wangi dan biasa digunakan seagai bumbu masakan. Beberapa manfaatnya untuk melancarkan haid, menghilangkan lelah, dan mengatasi batuk.

Caranya cukup dengan menyeduh kencur dengan air panas. Tunggu beberapa saat hingga mengendap dan minum air seduhannya.

3. Jahe

Tanaman dengan nama lain zingiberacea terkenal akan manfaatnya bagi kesehatan di kala cuaca dingin. Selain untuk menghangatkan, jahe biasa dikonsumsi untuk mengatasi masuk angin, sakit kepala, hingga sebagai obat memar.

4. Sirih

Tanaman ini memiliki kedekatan dengan fungsi sosial dan budaya. Sebab, ada banyak upacara adat yang menggunakan sirih sebagai salah satu pelengkapnya.

Di balik keistimewaannya tersebut, daun sirih memiliki manfaat untuk meringankan sembelit karena kandungan antioksidan. Pasalnya, kandungan tersebut bisa mengembalikan pH normal dalam perut dan meringankan sembelit.

Caranya cukup dengan mengunyah daun sirih setiap hari saat perut kosong. Selain itu, detikers juga bisa meminum air rebusan daun sirih yang telah dibiarkan selama satu malam untuk mendapatkan khasiatnya.

5. Temulawak

Temulawak memiliki nama lain curcuma xanthoriza rocb. Tanaman ini memiliki zat aktif berupa kurkumin yang dapat mengatasi keracunan empedu dan penyakit hepatitis B.

Sebab, temulawak bisa memperlambat proses penyebaran virus hepatitis. Cara mengonsumsi dengan memarutnya terlebih dahulu dan diminum.

6. Jeruk Nipis

Jeruk nipis dikenal akan sifat anti radang dan disinfektan. Dengan mengonsumsi air jeruk nipis rutin bisa mengurangi dan menghilangkan batuk yang disebabkan oleh virus maupun polusi.

Selain itu, terdapat kandungan vitamin C yang bisa memperkuat daya tahan tubuh sehingga bisa mencegah berbagai penyakit, seperti radang tenggorokan, flu, serta pilek.

7. Seledri

Selain memiliki bau yang wangi, seledri mengandung banyak nutrisi seperti kalsium, natrium, besi sehingga bisa menyehatkan tubuh. Bahkan, tanaman ini bisa menurunkan tekanan darah karena kandungan phthalides, mengurangi kolesterol, meringankan arthritis, dan juga asam urat.

8. Lengkuas

Lengkuas tumbuh subur di Indonesia. Tanaman toga yang biasa digunakan sebagai tambahan rasa pada masakan berjenis daging ini ternyata memiliki manfaat bagi kesehatan.

Menggunakan lengkuas untuk kesehatan bisa mengobati gangguan pencernaan, mual, sakit perut, hingga kolik. Bahkan, bila dikonsumsi secara teratur lengkuas bisa menjadi perangsang nafsu makan.

9. Pulosari

Tanaman dengan nama lain Alyxia Stellata ini mengandung berbagai macam khasiat, salah satunya dapat melancarkan haid. Pasalnya, siklus haid yang tidak lancar dapat memengaruhi tingkat kesuburan bagi wanita.

Cukup rebus batang Pulosari bersama adas, daun dan bunga srigading, jintan hitam, bunga kesumba kling, jeruk nipis, dan gula batu. Minum air rebusan sebanyak 3 kali sehari untuk melancarkan haid.

10. Serai

Serai biasa digunakan sebagai penambah cita rasa makanan. Namun, di balik itu semua ada banyak kandungan dan nutrisi yang baik untuk kesehatan.

Salah satu gangguan yang bisa diatasi dengan batang serai adalah gangguan tidur. Batang serai cukup diseduh dan airnya diminum sehingga bisa memberikan efek menenangkan otot dan saraf.

11. Daun Dewa

Daun dewa biasa digunakan sebagai tambahan lalapan. Tanaman toga ini mengandung flavonoid, minyak atsiri, dan saponin yang bisa menyembuhkan berbagai penyakit, misalnya melancarkan aliran darah, menurunkan demam, hingga mengatasi tekanan darah tinggi.

Selamat mencoba!



Simak Video "Mencoba Lembutnya Kopi Mangrove"
[Gambas:Video 20detik]
(pay/erd)

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com