13 Makanan Khas Tegal yang Terkenal Enak

Lusiana Mustinda - detikFood Jumat, 09 Okt 2020 17:15 WIB
Sate kambing muda enak di Tegal Makanan khas Tegal. Foto: Istimewa
Jakarta -

Tegal merupakan sebuah kawasan di Provinsi Jawa Tengah yang terdiri atas Kabupaten Tegal dan kota Tegal. Wilayah Tegal berbatasan dengan Kabupaten Brebes, sehingga makanan khas Tegal pun kerap kali disamakan meskipun berbeda.

Tegal juga dikenal memiliki beragam sajian kuliner yang enak. Mulai dari camilan hingga makanan berat. Soal kuliner, wilayah ini terkenal pula dengan Warteg atau Warung Tegal yang menyebar sampai ibu kota Jakarta.


Berikut beberapa makanan khas Tegal yang wajib dicicip:

1. Sega Ponggol

menu sarapan nasi ponggol khas Tegalmenu sarapan nasi ponggol khas Tegal Foto: Instagram


Makanan khas Tegal Jawa Tengah yang sering disajikan saat sarapan. Segaponggol merupakan menu sarapan khas Tegal yang dibuat dengan campuran nasi putih yang dibungkus dengan daun pisang.

Di dalamnya nasi putih disajikan dengan lauk tempe dan tahu orek. Ada juga penjual yang menambahkan beberapa lauk pendamping lain seperti telur dadar dan juga udang.

Seporsi sega ponggol yang berisi lauk tempe dan tahu orek dibandrol dengan harga Rp 5 ribu per bungkusnya.

2. Sega Lengko

nasi lengko buat sarapannasi lengko buat sarapan Foto: Instagram


Selain segaponggol, Tegal juga memiliki makanan khas yaitu segalengko. Segalengko dibuat dengan campuran nasi yang dipadukan dengan beberapa topping seperti mentimun, tahu, tempe, tauge rebus yang semuanya diiris dan ditaburkan di atas nasi hangat.

Sega lengko kemudian disiram dengan bumbu sambal kacang dan kecap manis. Enak dijadikan sebagai menu sarapan ataupun makan siang.

3. Sate Tegal

Sate Tegal enak di JakartaSate Tegal enak di Jakarta Foto: Istimewa


Makanan khas Tegal yang lainnya adalah sate Tegal. Sate ini dibuat dengan daging kambingbalibul ataubatibul.Batibul ataubalibul adalah sebutan untuk sate kambing muda yang menggunakan daging kambing usia di bawah tiga bulan dan lima bulan.

Sate Tegal selalu menggunakan daging kambing muda sehingga teksturnya lembut dan enak. Sate kambing juga biasanya disajikan di atas piring hotplate sehingga aromanya semakin sedap.

4. Soto Taucho

tauto, soto pekalongan buat sarapan13 Makanan Khas Tegal yang Terkenal Enak Foto: Instagram


Makanan khas TegalSlawi selain sate kambing ada juga hidangan berkuah yang sedap. Soto ini berbeda dengan jenis soto di daerah lain. Sototaucho ini dibuat dengan bumbu tauco. Tauco merupakan makanan fermentasi yang dibuat dengan biji kedelai yang sudah direbus, dihaluskan dan diaduk dengan tepung terigu kemudian difermentasi.

Soto taucho juga dilengkapi dengan lontong, tauge dan potongan daging ayam. Wah hangat dan sedap!

5. Kupat Glabed

Kuliner Mudik TegalKuliner Mudik Tegal Foto: Istimewa


Memiliki nama yang unik, Tegal juga memiliki makanan khas bernamakupatglabed. Dapat ditemui di beberapa sudut kota Tegal,kupatglabed disebut memiliki kuah yang kental dengan sensasi rasa yang mirip seperti bumbu rendang.

Seporsi kupat galbed berisi potongan kupat, tempe, sayur kuning, sambal merah dan kerupuk mie kuning. Sebagai pelengkap, kupat glabed juga sering dinikmati bersama dengan aneka sate yakni sate ayam, sate kerang atau sate kikil.

6. Kupat Blengong

sate blengongsate blengong Foto: ksmtour.com


Tak hanya di Tegal,kupatBlengong juga terkenal di kawasanBrebes. Karena tempatnya yang berdekatan, beberapa makanan di Tegal juga terkenal diBrebes, salah satunyakupatBlengong ini.

Blengong adalah hewan yang dihasilkan dari perkawinan antara bebek dan mentok (entok). Rasa daging blengong ini mirip dengan bebek dengan serat yang lebih lunak. Kupat blengong ini disajikan dengan kuah kupat glabed hanya saja ditambah dengan sate blengong yang sudah dibakar dengan bumbu khas.

7. Glotak

GlotakGlotak Foto: Ayo semarang


Makanan khas Tegal yang lainnya adalah glotak. Glotak dibuat dengan gembus, sejenis oncom yang kemudian dimasak dengan bumbu. Gembus lalu dimasak dengan kaldu dan cabai. Enak disantap dengan kerupuk pedas.

8. Tahu Aci

traditional indonesian food. asian culinary tahu baksotraditional indonesian food. asian culinary tahu bakso Foto: iStock


Camilan sederhana ini memiliki rasa yang enak. Makanan khas Tegal tahu aci dibuat dengan irisan tahu berbentuk segitiga dan ditambahkan dengan adonan aci di atasnya. Digoreng hingga matang, tahu aci enak dinikmati bersama sambal kecap.

9. Es Lontrong

es lontrong dari cincau dan kacang hijaues lontrong dari cincau dan kacang hijau Foto: 20Detik


Eslontrong juga menjadi jajanan legendaris khas Tegal. Eslontrong merupakan es tradisional dari Tegal yang dibuat dari kacang hijau dan cincau. Rasanya semakin enak ketika disiram dengan gula merah, santan dan serutan es.

10. Olos

olosolos Foto: Istimewa


Makanan khas Tegal yang satu ini memiliki bentuk yang mirip dengancimol. Di Tegalolos terbuat dari tepung kanji dan terigu yang diisi dengan sayur kol dan irisan cabai. Setelah digoreng,olos kemudian disajikan dengan bumbu bubuk dengan aneka rasa.

11. Rujak Teplak

Kuliner Mudik TegalKuliner Mudik Tegal Foto: Istimewa


Tegal juga memiliki sajian rujak yang enak. Rujakteplak dibuat dengan aneka sayur seperti kangkung, lembayung, daun ubi jalar, daun pepaya, daun singkong, tauge, jantung pisang, pare, dan timun rebus.

Berbeda dari rujak kebanyakan, bumbu dari rujak teplak dibuat dari singkong yang direbus dan dihaluskan kemudian dicampur bumbu dan air, mirip seperti bumbu pecel. Rujak teplak enak dinikmati bersama dengan kerupuk mie.

12. Blendung

blendungblendung Foto: Istimewa


Blendung adalah makanan tradisional Tegal yang dibuat dengan jagung rebus serta disajikan dengan parutan kelapa. Blendung juga dipadu dengan bumbu sehingga rasanya gurih. Jajanan blendung sangat mudah ditemui, terutama di pasar tradisional.

13. Gemblong Ocar Acir

gemblong ocar acirgemblong ocar acir Foto: YouTube


Makanan khas Tegal yang unik lainnya ada gemblong ocar acir. Gemblong ocar acir terbuat dari ketan dengan paduan topping kelapa yang sudah diparut dan siram dengan gula aren yang sudah dicairkan.





Simak Video "Icip-icip Sate Murah Meriah di Kediri"
[Gambas:Video 20detik]
(lus/pal)