5 Fakta Bir Kopi dari Jombang yang Halal Dikonsumsi

Riska Fitria, Riska Fitria - detikFood Kamis, 08 Okt 2020 19:00 WIB
5 Fakta Bir Kopi dari Jombang yang Halal Dikonsumsi Foto: Instagram @agungngoro
Jakarta -

Bir kopi atau coffee beer jadi minuman yang kini tengah menjadi favorit banyak orang. Namun, apakah halal untuk dikonsumsi? Ini fakta menariknya.

Beberapa waktu lalu Gubernur Jawa Timur, Khofifah Indar Parawansa melalui Instagramnya @khofifah.ip, mempromosikan tentang produk minuman bernama bir kopi atau coffee beer.

Ia menjelaskan bahwa bir kopi sama seperti bir pletok khas Betawi. Meskipun namanya 'beer' tetapi minuman ini tidak mengandung alkohol, jadi tidak akan memberikan efek yang memabukkan.

Rasanya justru manis dan menyegarkan apalagi ditambah dengan es batu. Kini, minuman tersebut tengah jadi favorit banyak orang. Bahkan banyak kafe kekinian yang menawarkan minuman legendaris tersebut.

Dilansir dari berbagai sumber, berikut 5 fakta menarik tentang kopi beer.

1. Berasal dari Jombang, Jawa Timur

5 Fakta Bir Kopi dari Jombang yang Halal Dikonsumsi5 Fakta Bir Kopi dari Jombang yang Halal Dikonsumsi Foto: Instagram @agungngoro

Jika di Jakarta dikenal dengan bir pletok, dan Yogyakarta dikenal dengan saparella, maka di Jombang juga ada minuman serupa. Minuman tersebut dikenal dengan sebutan coffee beer atau bir kopi.

Bir kopi merupakan minuman legendaris yang berasal dari Jombang, Jawa Timur. Disebut legendaris karena minuman ini pertama kali dibuat pada tahun 19663 silam.

Yang memproduksi pertama kali ada sebuah perusahaan lokal bernama Agung Ngoro. Dilansir dari situs web resmi Agung Ngoro, bir kopi sudah mendapat izin edar dari BPOM, sehingga aman untuk dikonsumsi.

Adanya bir kopi bisa menjadi cara lain untuk menikmati kopi. Bahkan produk ini juga mendapat dukungan dari Gubernur Jawa Timur, Khofifah Indar Parawansa.

"Bagaimana? penasaran gak dengan rasa bir asli Jawa Timur ini? Jangan ngaku pencinta kopi kalau belum pernah nyicipin minuman legend ini," tulisnya dalam sebuah unggahan di Instagram (12/09).

Baca Juga : Bir Beraroma Kopi Kotoran Gajah Laku Keras di Jepang

Selanjutnya
Halaman
1 2 3


Simak Video "Makan Enak dan Edukasi Manasik Haji di Kafe Al Baik"
[Gambas:Video 20detik]

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com