4 Resto Ini Turun ke Jalan Demi Bertahan di Tengah Pandemi

Yenny Mustika Sari - detikFood Rabu, 07 Okt 2020 17:09 WIB
Restoran Jualan Turun ke Jalan Demi Bertahan di Tengah Pandemi Foto: Twitter
Jakarta -

Di tengah pandemi Corona, banyak restoran terkena dampaknya. Mulai dari gerai resto China hingga bakery populer di mall.

Dampak pandemi Corona tak hanya terasa pada UMKM saja, tapi juga restoran besar. Ini karena mereka kehilangan pelanggan yang saat ini sedang mengurangi aktivitas di luar rumah. Apalagi kebanyakan gerai restoran dan bakery ini berada di pusat perbelanjaan.

Karena usaha restorannya sepi, pebisnis restoran memutar strategi agar tetap mendapatkan pemasukan. Salah satu cara yang dipilih ialah berjualan dengan turun ke jalan.

Ada yang membuka gerai kecil di pinggir jalan raya, keliling menggunakan motor, hingga menawarkan makanan dari pintu ke pintu. Hal ini dilakukan oleh 4 gerai restoran besar. Mulai dari Ta Wan hingga Breadlife.

Berikut 4 gerai restoran yang jualan turun ke jalan:

1. Ta Wan Restaurant

Restoran Jualan Turun ke Jalan Demi Bertahan di Tengah PandemiRestoran Jualan Turun ke Jalan Demi Bertahan di Tengah Pandemi Foto: Twitter @lucywiryono

Gerai restoran China yang terkenal di Jakarta ini mau tak mau membuat karyawannya turun ke jalan untuk menjual makanan. Hal ini diketahui dari beberapa unggahan yang beredar di media sosial Twitter dan TikTok.

Diunggah oleh pengguna Twitter @lucywiryono (16/9) dengan menuliskan keterangan, "Gue barusan dikirim ini. Tau restoran Ta Wan kan? Sampe jualan di pinggir jalan nih. Jadi bukaaan...gue bukan mengeluhkan usaha sendiri. Tapi semua. Sedih gag lo liat begini?" Ia memperlihatkan foto karyawan Ta Wan menjual makanan menggunakan sepeda motor.

Menurut Direktur Operasional PT Eatwell Culinary Indonesia, Andrias Chandram, hal ini dilakukan Ta Wan Restaurant agar tetap bisa beroperasi dan menggaji para karyawannya seperti dilansir dari detikFinance, Rabu (7/10/2020). Setiap harinya para karyawan akan berkeliling pada siang hingga malam sekitar pukul 19.00 WIB.

Makanan yang ditawarkan oleh Ta Wan Restaurant adalah ricebox. Menunya seperti Nasi Cumi Lada Garam, Nasi Ayam Kungpao, dan Mie Goreng Sapi Lada Hitam. Menurut seorang karyawan yang tak ingin disebutkan namanya ini menjelaskan kalau dalam satu hari biasanya para karyawan membawa 5-20 boks, tapi jumlah tersebut belum tentu habis.

Baca Juga: Makan di Mobil Kini Jadi 'New Normal', Ini Cerita Netizen

2. KFC

Restoran Jualan Turun ke Jalan Demi Bertahan di Tengah PandemiRestoran Jualan Turun ke Jalan Demi Bertahan di Tengah Pandemi Foto: Twitter @85albasrihasan

KFC merupakan gerai restoran cepat saji yang populer di Indonesia. Menawarkan nasi dengan ayam goreng tepung yang renyah dan lezat. Di tengah pandemi Corona, ternyata KFC juga pernah jualan turun ke jalan.

Kejadiannya sekitar bulan April 2020 lalu saat Ramadhan, tapi lokasinya tidak jelas diketahui dimana. Menu yang ditawarkan oleh mereka paket ayam dan nasi.

Selanjutnya
Halaman
1 2


Simak Video "Mampir ke Restoran China Bergaya Interior Meriah"
[Gambas:Video 20detik]