#KansasBukaLagi, Gerakan Alumni Bantu Lariskan Pedagang Kantin Sastra UI

Andi Annisa Dwi Rahmawati - detikFood Rabu, 07 Okt 2020 16:00 WIB
#KansasBukaLagi, Gerakan Alumni Bantu Lariskan Pedagang Kantin Sastra UI Foto: Twitter@Geriirawan

2. Memberi pancingan bukan ikan

#KansasBukaLagi, Gerakan Alumni Bantu Lariskan Pedagang Kantin Sastra UI#KansasBukaLagi, Gerakan Alumni Bantu Lariskan Pedagang Kantin Sastra UI Foto: Twitter@Geriirawan

Geri bersama lima temannya yang juga alumni FIB UI angkatan 2010 dan 2012 berpikir lebih baik memberi bantuan dengan konsep pancingan bukan ikan. Caranya dengan membantu proses pendaftaran pedagang Kansas ke ojek online, alih-alih memberi bantuan uang tunai.

"Kalau misalkan kita penggalangan dana, saya juga mikirnya ya nggak akan ada abisnya. Di sisi lain, alumni juga mungkin dalam kondisi yang kurang baik (ekonominya). Jadi saya pikir kalau ngasih bantuan duit, nggak ada habisnya," ujar Geri. Konsep ini ternyata juga dirasa lebih baik oleh Mbak Kasem.

"Mbak Kasem bilang 'Ya kalau bisa sih jangan kasih ikannya aja, tapi kasih kita pancingannya'. Oke saya seneng nih, jadi semangat," tambah Geri.

3. Bantuan untuk pedagang agar #KansasBukaLagi

#KansasBukaLagi, Gerakan Alumni Bantu Lariskan Pedagang Kantin Sastra UI#KansasBukaLagi, Gerakan Alumni Bantu Lariskan Pedagang Kantin Sastra UI Foto: Twitter@Geriirawan

Geri dan teman-temannya memastikan pedagang Kansas bisa mendaftarkan usahanya di layanan ojek online. "Kita juga diskusi masalah menu, strategi promosi, sampai harganya," ujar Geri.

Ia dan temannya bahkan membantu pedagang Kansas mendapat foto produk makanan yang bagus, bikin logo, cetak banner, sampai video teaser di media sosial. "Saya kontak teman-teman saya yang bisa fotografi, desain grafis, videografi, content writer, yang jago media sosial, sampai bikin acara," lanjut Geri.

Saat ini total ada 3 pedagang Kansas yang berhasil aktif jualan di ojek online. Ketiganya adalah Gado-gado dan Ketoprak Kopral, Soto Mie Siomay Mpek-mpek Emak, dan Ayam Kremes Mas Alan. Kemudian menyusul 2 pedagang yaitu Penyetan Mas Roni dan usaha sate di Kemiri Muka.

Untuk target, Geri ingin mendaftarkan setidaknya 10 pedagang Kansas ke ojek online. Walaupun jumlah keseluruhan mencapai 25. Kebanyakan mereka sudah jualan puluhan tahun di Kansas, sejak tahun 1990-1995.

Baca Juga: 5 Kantin Fakultas UI yang Menanti Kamu Kalau Lolos SIMAK UI

Selanjutnya
Halaman
1 2 3


Simak Video "Bikin Laper: Seger! Makan Soto Oseng Kaki Sapi di Jakarta Pusat"
[Gambas:Video 20detik]

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com