5 Eksperimen Gulali Campur Emas hingga Saus Sambal, Ini Hasilnya

Yenny Mustika Sari - detikFood Rabu, 07 Okt 2020 10:30 WIB
Eksperimen Permen Kapas Pakai Emas hingga Saus Cabe Foto: TikTok @ivyfeb
Jakarta -

Biasanya gulali atau permen kapas hanya dinikmati polos, tapi netizen ini bereksperimen dengan mencampurkan bahan yang aneh. Seperti apa ya hasilnya?

Permen kapas atau gulali banyak ditawarkan di tempat wisata, pasar malam, atau mall. Gulali rasanya manis lembut dengan warna-warni yang cantik. Terbuat dari gula pasir yang dipanaskan dalam mesin khusus. Nantinya mesin itu akan menghasilkan serat-serat gula seperti benang yang perlu digulung dengan tusukan.

Tak hanya berbentuk gumpalan, gulali juga banyak dikreasikan dengan bentuk karakter hewan hingga kartun lucu. Seorang netizen melalui akun TikTok @ivyfeb coba yang berbeda. Ia membuat gulali dengan campuran ragam bahan makanan.

Bahan makanan yang dicampurkan sebenarnya sangat wajar ditemui. Tapi cukup aneh jika dicampurkan dengan gulali. Mulai dari edible gold (emas yang bisa dimakan) hingga saus sambal.

Berikut 5 eksperimen gulali yang unik:

1. Pakai Edible Gold

Eksperimen Permen Kapas Pakai Emas hingga Saus CabeEksperimen Permen Kapas Pakai Emas hingga Saus Cabe Foto: TikTok @ivyfeb

Edible gold merupakan lembaran emas yang aman dikonsumsi. Biasanya edible gold ini kerap dicampurkan untuk beberapa makanan. Seperti pizza, cokelat, dan cake.

Wanita bernama Ivy ini juga penasaran dengan paduan edible gold dan gulali. Ia mengatakan dalam videonya, "Guys, eksperimen permen kapas pakai emas!"

Ia masukkan beberapa lembar edible gold bersama dengan gula pasir ke alat masak permen kapas. Hasilnya, gulali berhasi dibuat, tapi lembaran emasnya tersangkut di pinggiran alat masak tersebut. "Tapi beberapa helainya nggak tau kenapa nyangkut gitu guys, kayak nggak mau meleleh."

Lembaran edible gold itupun ditempelkan jadi topping permen kapas. Setelah itu Ivy mencicipi rasanya, dan menurutnya rasanya hambar.

Baca Juga: Ada Gulali Isi Es Krim dan Marshmallow, Netizen: Auto Sakit Gigi

2. Pakai Madu

Eksperimen Permen Kapas Pakai Emas hingga Saus CabeEksperimen Permen Kapas Pakai Emas hingga Saus Cabe Foto: TikTok @ivyfeb

Madu merupakan bahan makanan alami yang rasanya manis. Madu biasanya digunakan sebagai pengganti gula. Bisa dicampurkan untuk teh, minuman, hingga hidangan dessert.

Netizen di TikTok ini mencoba mengkreasikan madu dengan gulali. Ia menggunakan stok madu yang ada di rumahnya, lalu dicampurkan dengan gula pasir. Kemudian paduan tersebut dipanaskan menggunakan mesin khusus.

Namun saat mulai muncul serat gula menyerupai benang, Ivy terkejut karena ada beberapa bagian yang gosong. Namun ternyata tak begitu merusak rasanya ketika dicicipi.

Selanjutnya
Halaman
1 2


Simak Video "Lezat! Sate Ayam Pak Heri Asli di Jalan Sabang"
[Gambas:Video 20detik]

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com