Dijatah Belanja Rp 20 Ribu Seminggu, Wanita Ini Masak Tempe Tiap Hari

Devi Setya - detikFood Selasa, 06 Okt 2020 13:30 WIB
Dijatah Belanja Rp 20 Ribu Seminggu, Wanita Ini Masak Tempe Tiap Hari Foto: tiktok @yuniyanti
Jakarta -

Seorang wanita bernama Yuni curhat soal jatah belanja Rp 20.000 seminggu. Ia pun setiap hari masak tempe buat makan dirinya dan sang suami.

Yuni Yanti Suherman curhat lewat media sosial TikTok soal uang belanja mingguannya. Sang suami hanya memberi Rp 20 ribu untuk masak selama seminggu. Alhasil, Yuni setiap hari masak menu serba tempe. Mulai dari tempe goreng, tempe orek, tempe bacem hingga mendoan.

"Dijatah 20K sama suami," tulis Yuni sambil menunjukkan video berisi kompilasi menu makanan serba tempe. Dalam keterangan video, ia juga menuliskan "Syukurin aja sih, kenyang juga kan," kata Yuni.

Dijatah Belanja Rp 20 Ribu Seminggu, Wanita Ini Masak Tempe Tiap HariDijatah Belanja Rp 20 Ribu Seminggu, Wanita Ini Masak Tempe Tiap Hari Foto: tiktok @yuniyanti

Video singkat yang diunggah pada 22 Agustus 2020 ini langsung mendapat sorotan netizen. Banyak yang memuji Yuni karena bisa memanfaatkan uang belanja secara kreatif namun tak sedikit pula yang mengatakan kalau suami Yuni ini pelit. Menerima komen pedas netizen, Yuni hanya menjawab sekenannya. Ia mengaku tengah berhemat agar cepat kaya dan bisa pergi ke Mekah untuk ibadah haji.

Video jatah belanja Rp 20 ribu seminggu ini juga sempat viral. Hingga saat ini sudah dilihat lebih dari 26 ribu kali dan mendapat 1600 komentar. Konten ini juga sekaligus jadi ajang curhat netizen lain yang punya pengalaman serupa.

"Dulu pernah dijatah suami cuma 20 rb buat semuanya, sementara kita tinggal di Jakarta, tiap hari cuma bisa masak sayur timun,semur telor," kata netizen.

"Kalo tempenya doang sih cukup ya. Tapi tepung, kecap, cabe, tomat, minyak, dan bahan pendukung lainnya tunggu sumbangan?," celoteh netizen.


"Kok orang-orang bisa begini ya, salut banget. Aku yang dikasih 3 juta seminggu aja ngeluh, maaf kan istrimu ini ya suamiku," sahut netizen.

Yuni juga kerap mengunggah video serupa soal pengalamannya berhemat saat masak maupun berbelanja kebutuhan harian. Ia juga pernah mengatakan diberi jatah Rp 20 ribu untuk beli kebutuhan make up. "Hemat pangkal kaya," kalimat yang selalu disematkan dalam setiap unggahannya.

Dijatah Belanja Rp 20 Ribu Seminggu, Wanita Ini Masak Tempe Tiap HariDijatah Belanja Rp 20 Ribu Seminggu, Wanita Ini Masak Tempe Tiap Hari Foto: tiktok @yuniyanti

Yuni bukan satu-satunya wanita yang dibatasi jatah belanja oleh sang suami. Banyak kisah serupa yang juga bikin netizen ramai berkomentar. Kali ini curhatannya datang dari sang suami yang berinisial N.

Lewat facebooknya, sang suami mengaku bingung karena istrinya dianggap boros. Ia setiap bulan memberi jatah belanja Rp 200 ribu untuk kebutuhan makan, membeli, popok, susu dan jajan 3 orang anak. Sang suami menuding istrinya boros karena setiap hari yang dimasak hanya tahu, tempe dan telur.

Bukannya banjir simpati, pria ini justru banjir caci maki netizen. Banyak netizen menyayangkan sang suami yang tampaknya sama sekali tidak tahu harga kebutuhan pokok. "Suaminya inget kasih uang Rp 200 ribu per bulan, tapi dia lupa pakai otak buat mikir," celetuk netizen.



Simak Video "Melihat Gudang Distributor Sayur dan Buah Online di Masa Corona"
[Gambas:Video 20detik]
(dvs/odi)