ADVERTISEMENT

Apakah Alat Masak Silikon Aman Bagi Kesehatan?

Odilia WS - detikFood
Rabu, 07 Okt 2020 08:00 WIB
Peralatan masak dari silikon
Foto: iStockphoto
Jakarta -

Warna-warni cantik alat masak sangat menggoda. Bikin masak tambah semangat. Apalagi mudah dibersihkan, tetapi apakah aman bagi kesehatan?

Kini hampir semua peralatan masak dan bikin kue dibuat dari bahan silicon. Bahan mirip plastik ini hadir dalam warna-warni cantik menggemaskan. Desainnya kekinian, harganya tak mahal dan mudah dibersihkan.

Sebut saja loyang dari silikon, tersedia dalam beragam ukuran, bentuk dan warna. Selain tahan panas, kue mudah dilepas dari loyang silikon. Loyang ini juga tahan disimpan dalam suhu rendah sehingga tak perlu punya banyak loyang.

Satu-satunya yang merisaukan orang adalah faktor kesehatannya. Apakah silikon merupakan bahan yang aman buat makanan atau food grade? Berikut ini beberapa hal yang perlu kamu ketahui tentang alat masak silikon, seperti dilansir timesofindia (1/10) serta berbagai sumber lainnya.

1. Apa iti silikon?


Dulu orang menyebut silikon dihubungkan dengan suntik silikon untuk kecantikan. Silikon sebenarnya adalah karet sintetik yang dibuat dengan mencampurkan silikon, oksigen dan karbon, diikat dengan ratio tertentu. Seperti diketahui oksigen, silikon dan karbon secara alami aman dipakai.

Sementara peralatan masak dari silikon tahan panas, aman ditaruh di freezer dan bisa dipanaskan dalam oven hingga suhu 220 derajat celsius. selain itu karena komposisi ikatannya, silikon tidak beracun, tidak dapat terurai secara hayati, dan tidak dapat didaur ulang.

Peralatan masak dari silikonPeralatan masak dari silikon Foto: iStockphoto


2. Kata ahli soal alat masak silikon

Menurut ahli nutrisi Swati Bathwal, beragam peralatan masak yang hadir di pasaran terutama untuk membuat kue sangat menarik. Peralatan makan tersebut terbuat dari karet yang berupa campuran silikon dan oksigen yang aman untuk memasak.

Bahan ini lebih praktis dan memudah pekerjaan memasak dibandingkan bahan dari aluminium, stainless steel atau peralatan masak berlapisan anti lengket. Terutama untuk membuat kue, bahan silikon sangat praktis.

Loyang tak perlu dilapisi kertas roti, tak perlu dioles mentega yang menambah asupan kalori. Hanya saja saat membeli perlu memilih bahan silikon yang aman buat makanan dan dari bahan berkualitas yang bebas bahan kimia.



Simak Video "Bikin Laper: Menjajal Mie Bakar Andaliman yang Nikmat"
[Gambas:Video 20detik]

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT