Bikin Laper! Lahap Makan Empal Super Empuk Pakai Rujak Kangkung Jawa

Devi Setya - detikFood Selasa, 06 Okt 2020 08:30 WIB
Bikin Laper! Lahap Makan Empal Super Empuk Pakai Rujak Kangkung  Jawa Foto: bikin laper Trans TV
Jakarta -

Masakan Indonesia memang tak ada duanya. Anwar dan Ibnu Jamil siap melahap daging empal, mujair goreng, hingga rujak kangkung Jawa.

Perjalanan kuliner tim Bikin Laper kali ini singgah di Kedai KM 02 Omah Omar yang ada di bilangan Bogor. Di sini Anwar BAB dan Ibnu Jamil akan memanjakan lidah. Sajian sederhana nan menggoda siap menggoyang lidah

Menu pertama yang dicoba yakni dendeng. Potongan daging sapi super empuk ini dimasak dengan bumbu manis gurih. Anwar dan Ibnu tak pernah berhenti ngunyah. Dendeng ini makin nendang karena disajikan bersama sambal dadak goreng.

Bikin Laper! Lahap Makan Empal Super Empuk Pakai Rujak Kangkung  JawaBikin Laper! Lahap Makan Empal Super Empuk Pakai Rujak Kangkung Jawa Foto: bikin laper Trans TV

"Empuk dan manisnya empal ini bikin aku langsung falling in love. Ini empal dimakan pakai sambelnya jadi mirip-mirip dendeng batokok yang di Padang,"

Lanjut ke menu berikutnya ada ikan mujair goreng. Menu rumahan ini tampak sederhana tapi rasanya tak pernah gagal menggoda. Saking empuknya, Anwar sampai bisa mengunyah ikan dengan suara kriuk-kriuk. Ikan mujair ukuran sedang ini bahkan renyah sampai ke bagian tulangnya.

"Ikan mujairnya garing banget. Ini padahal kayaknya cuma dibumbui bawang putih, garam sama lada tapi enak banget john. Yuk makannya pake pete goreng," sahut Ibnu.

Makan lauk tanpa ada sayurnya pasti kurang lengkap. Di resto ini ada rujak kangkung Jawa yang uenak. Kangkung tumis dengan bumbu gurih asam sukses bikin mata merem melek. Tumis kangkung ini berbeda dari biasanya karena hadir dengan sensasi rasa asam segar.

"Rujak kangkung jawa ini beda nih, biasanya kan kangkung dimasak biasa pakai bumbu belacan. Kalo ini pakaibasam Jawa. Sedap endol surendol," kata Anwar.

Sebagai penutup aksi makan, Anwar dan Ibnu menikmati pisang goreng. Tampilannya sederhana karena memang hanya pisang goreng berbalut tepung terigu. Tapi rasa pisang goreng ini mengingatkan pada jajanan ndeso.

Bikin Laper! Lahap Makan Empal Super Empuk Pakai Rujak Kangkung  JawaBikin Laper! Lahap Makan Empal Super Empuk Pakai Rujak Kangkung Jawa Foto: bikin laper Trans TV

"Ini favorit gue nih, kalo keluar kota atau kemana gue selalu cari pisang goreng. Apalagi yang polos begini," pungkas Ibnu.

Mau melihat aksi makan yang lebih seru dan menggoda? Saksikan terus Bikin Laper yang tayang setiap hari pukul 17.00 WIB hanya di Trans TV.



Simak Video "Bikin Laper: Kuliner Ayam Cuka di Pantai Indah Kapuk"
[Gambas:Video 20detik]
(dvs/odi)