Terbuka Lowongan Pencicip Wine dengan Bayaran Rp 3,8 Juta Per Sesi

Devi Setya - detikFood Senin, 05 Okt 2020 19:30 WIB
Lowongan Pencicip Wine dengan Bayaran Rp 3,8 Juta Foto: Metro
Jakarta -

Pekerjaan yang satu ini pasti bikin banyak orang ngiler. Tersedia bayaran jutaan rupiah untuk mencicipi wine. Apa syaratnya?

Punya lidah yang sensitif merupakan sebuah anugrah. Ada banyak perusahaan yang mau membayar mahal untuk pekerjaan sebagai pencicip makanan dan minuman, termasuk mencicip wine. Meskipun pekerjaan ini bersifat freelance tapi bayaran yang ditawarkan tidaklah main-main.

Dikabarkan Metro (5/10) perusahaan wine ternama di Inggris, Wine List tengah mencari kandidat yang mau dibayar mahal untuk mencicipi beragam wine. Tak tanggung-tanggung, bayaran yang ditawarkan adalah £ 200 (Rp 3,8 juta) untuk satu kali sesi mencoba wine.

Lowongan Pencicip Wine dengan Bayaran Rp 3,8 JutaLowongan Pencicip Wine dengan Bayaran Rp 3,8 Juta Foto: Metro

Terlihat menarik ya? Tak hanya asal mencicip wine, orang ini harus punya lidah sensitif sekaligus punya kemampuan dan pengetahuan soal wine. Nantinya, orang yang bertugas mencicip wine ini akan bekerja dalam tim untuk menentukan rasa wine yang akan jadi produk baru sebelum diluncurkan ke pasar.

Pekerjaan ini terdiri dari rangkaian minum dan mencicip rasa wine. Setelah itu kamu harus menceritakan soal sensasi rasa wine ini secara detail. "Penilaian ini akan membantu menginformasikan catatan pencicipan, pemahaman tentang wine, dan proses pengambilan keputusan kami. Wine yang kamu cicipi nantinya akan menjadi bagian dari daftar wine potensial yang sedang kami pertimbangkan sebelum diproduksi secara massal," jelas uraian sari Wine List.

Ada beberapa persyaratan yang harus dipenuhi oleh kandidat yang melamar. Beberapa diantaranya adalah harus berusia diatas 18 tahun, mengirim ulasan soal wine favorit dengan harga di bawah £ 10 (Rp 190 ribu), dan mengirimkan formulir pendaftaran ke website resmi.

Kesempatan ini terbuka bagi siapapun, tak terbatas gender ataupun lokasi. Pendaftaran dibuka hingga 30 Oktober dan kandidat yang terpilih akan diumumkan pada 15 November 2020.

Saat ini Wine List memiliki 3 pencicip wine yang bekerja penuh namun mereka ingin mendapatkan penilaian dari sisi pelanggan.

"Setiap bulan kami mengirimkan wine kepada pelanggan kami. Kami melakukan ini untuk membantu pelanggan kami mengidentifikasi aroma, teknik pembuatan, dan menemukan wine baru yang tidak pernah mereka dapatkan sebelumnya. Saat ini, tiga staf sommelier kami membantu memilih wine yang akan kami kirim. Namun kami ingin menemukan selera baru yang disukai pelanggan," beber pihak Wine List.

Bukan hanya pencicip wine, beberapa perusahaan makanan menawarkan gaji besar untuk orang yang bersedia mencicip makanan dan minuman secara profesional. Termasuk sebagai pencicip air mineral. Jangan kaget kalau profesi ini menghasilkan uang ratusan juta pertahun.

Martin Riese misalnya, ia adalah satu-satunya ahli air mineral (water sommelier) di Amerika Serikat. Martin sudah sejak kecil memiliki bakat untuk merasakan serta membedakan rasa air mineral. Hingga saat ini setidaknya ia sudah mencicipi lebih dari 4.000 air mineral dari seluruh dunia. Martin juga kini bekerja untuk perusahaan air mineral di Los Angeles



Simak Video "Perpaduan Unik Keju Yogyakarta dengan Wine Australia dan Selandia Baru"
[Gambas:Video 20detik]
(dvs/odi)