Jakarta Dessert Week Hadirkan Dessert 'Magical' dari 63 Gerai Online

Andi Annisa Dwi Rahmawati - detikFood Senin, 05 Okt 2020 17:30 WIB
Jakarta Dessert Week Hadirkan Dessert ’Magical’ dari 63 Gerai Online Foto: Instagram Jakarta Dessert Week
Jakarta -

Jakarta Dessert Week berlangsung pada 5-25 Oktober 2020. Melalui marketplace, ada 63 gerai menawarkan kreasi dessert tema Magical yang menggoda dicicipi.

Jakarta Dessert Week (JDW) merupakan festival yang mengumpulkan puluhan penjaja dessert terkurasi. Tahun ini karena berlangsung di tengah pandemi Corona, JDW digelar online melalui Tokopedia pada 5 hingga 25 Oktober 2020.

JDW 2020 menjadi festival dessert online pertama se-Asia Tenggara. Festival ini digagas 6 praktisi di industri kuliner. Mulai dari chef, jurnalis makanan, penulis buku, hingga food branding agency.

Keenamnya adalah Arimbi Nimpuno, Gupta Sitorus, Kevindra Soemantri, Primo Rizky, Talita Setyadi, dan Tria Nuragustina. Tahun ini mereka mengusung tema Magical untuk JDW.

Jakarta Dessert Week Hadirkan Dessert 'Magical' dari 63 Gerai OnlineJakarta Dessert Week Hadirkan Dessert 'Magical' dari 63 Gerai Online Foto: Instagram Jakarta Dessert Week

"Tahun ini kita punya feeling semua orang butuh magic atau miracle untuk bisa melalui masa sulit ini. Kami ingin mendorong pastry chef membuat sesuatu yang magical. Dan berbagi magical itu melalui kita," kata Gupta di konferensi pers JDW 2020 via Zoom (5/10).

Ada 63 penjaja dessert yang berpartisipasi tahun ini. "Kategorinya makanan manis. Mulai dari roti, cake, dessert seperti mousse, sampai es krim. Tahun ini juga ada kategori baru yaitu Vegan, Low Calorie, dan Gluten Free," jelas Tria. Masyarakat nantinya bisa melihat berbagai dessert unik JDW via Tokopedia.

Di sana masing-masing gerai akan mempromosikan dessert magical versi mereka. Lalu bagi yang tertarik, bisa langsung membelinya via online.

Salah satu gerai dessert yang berpartisipasi adalah Bittersweet by Najla. Pemiliknya, Najla, secara khusus membuat Unicorn Dessert Box untuk JDW 2020. "Temanya menggabungkan Unicorn dengan dessert box signature kita. Pakai cake warna-warni dengan saus berry homemade. Juga ada rasa es krim Unicorn yang kita tambah sedikit keju dan sprinkle di atas," jelas Najla.

Jakarta Dessert Week Hadirkan Dessert 'Magical' dari 63 Gerai OnlineJakarta Dessert Week Hadirkan Dessert 'Magical' dari 63 Gerai Online Foto: Instagram Jakarta Dessert Week

Baca Juga: Bittersweet by Najla : Manis Creamy Dessert Box Dalgona yang Kekinian

Ada juga Namelaka yang terkenal dengan choux pastry alias sus-nya. Salah satu pendirinya Yoan Tjahjadi mengungkap kreasi magical versi mereka. "Kita kepikiran bikin Harry Potter. Choux-nya tiap minggu akan berubah rasa. Total ada 27 rasa yang ditampilkan. Pelanggan yang beli dapat surat seperti kartu undangan dari Hogwarts. Nama menunya samaran sesuai posisi choux. Biar mereka nebak, guessing games," ungkap Yoan.

Beda lagi dengan Pipiltin Cocoa yang akan menonjolkan cokelat Ransiki dari Papua Barat sebagai fokusnya. Tissa Aunilla, salah satu pendirinya mengatakan ingin memperkenalkan cokelat ini lebih luas lagi.

Dalam kesempatan yang sama, pakar kuliner Indonesia yaitu William Wongso juga hadir. Ia mengatakan JDW 2020 akan menampilkan 20-30 persen kue autentik Indonesia.

Jakarta Dessert Week Hadirkan Dessert 'Magical' dari 63 Gerai OnlineJakarta Dessert Week Hadirkan Dessert 'Magical' dari 63 Gerai Online Foto: Instagram Jakarta Dessert Week

"Menurut aku (acara ini) luar biasa, salut banget. Yang penting yang harus diperhatikan bukan cuma creative, service, dan jaminan mutu, tapi juga keamanan pangan. Semua ahli-ahli ini harus mempertimbangkan," katanya.

Selain menawarkan berbagai dessert unik dan enak, JDW 2020 juga menghadirkan 18 sesi live baking dari para celebrity chef via Tokopedia Play pada 10-11 Oktober 2020. Chef yang berpartisipasi antara lain Renatta Moeloek, Tissa Aunilla, Karen Carlotta, Devina Hermawan, Kim Pangestu, sampai Yuda Bustara.

Baca Juga: Yuk, Intip 10 Gaya Keren Yuda Bustara Saat Beraksi di Dapur!

A=Jakarta Dessert Week Hadirkan Dessert 'Magical' dari 63 Gerai OnlineJakarta Dessert Week Hadirkan Dessert 'Magical' dari 63 Gerai Online Foto: Instagram Jakarta Dessert Week

Chef Yuda mengaku senang bisa berpartisipasi dalam JDW 2020. "Nanti saya dan Hong Kong Tourism Board akan berbagi dua resep yang Hong Kong banget. Ada egg tart Hong Kong dan milk tea," katanya.

Nah, pencinta dessert yang penasaran dengan event ini bisa memantau agendanya via Instagram jakartadessertweek. Sedangkan untuk pembelian dessert tema magical bisa langsung mengunjungi Tokopedia.



Simak Video "Bikin Laper: Risotto Seafood hingga Stracciatella Pizza"
[Gambas:Video 20detik]
(adr/odi)

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com