Di Cibubur Bisa Makan di Saung Sunda hingga Warung khas Jogja

ADVERTISEMENT

Tren Warung Kampung

Di Cibubur Bisa Makan di Saung Sunda hingga Warung khas Jogja

Sonia Basoni - detikFood
Minggu, 04 Okt 2020 10:00 WIB
RM Ibu Haji Soto Betawi
Foto: dok. detikFood
Jakarta -

Selain wilayah Tangerang dan Bogor, warung makan juga banyak ditemui di Cibubur. Makanan yang disajikan cukup beragam ada Sundaan sampai khas Jogja.

Tak jauh dari Bogor dan Depok, Cibubur punya beragam tempat makan dengan gaya tradisional yang tak kalah populer. Di sini banyak warung makan yang menawarkan hidangan khas daerah.

Seperti warung makan Kupat Tahu Magelang AA, di sini sejak dulu terkenal dengan kupat tahunya yang enak. Lalu ada juga Saung Sunda Kang Udin yang spesialis menyajikan hidangan rumahan khas Sunda.

Berikut lima rekomendasi warung makan yang enak di sekitaran Cibubur.

1. RM Ibu Haji Cibubur

RM Ibu Haji Soto BetawiRM Ibu Haji Soto Betawi Foto: dok. detikFood

Menyajikan hidangan khas Betawi, warung makan yang letaknya di pinggir jalan raya Alternatif Cibubur ini tak pernah sepi dari pengunjung. Menu utamanya ada soto Betawi yang sudah legendaris sejak 24 tahun lalu.

Di sini tersedia menu soto Betawi campur dengan isian daging, jeroan sampai kikil. Rasanya enak dengan paduan santan putih yang ringan gurihnya. Bagi yang tak mau pesan soto Betawi, tak perlu khawatir karena ada menu lainnya.

RM Ibu Haji menyediakan juga menu nasi uduk dan ayam goreng khas Betawi. Nasi uduk disajikan dengan sambal rawit merah kecap dan lalapan. Sementara untuk menu pelengkapnya ada tahu tempe hingga babat goreng. Kisaran harganya sekitar Rp 15.000 saja.

Baca Juga: RM Ibu Haji: Sedapnya Soto Betawi dan Ayam Goreng Gaya Rumahan


RM. Ibu Haji
Jl. Alternatif Cibubur No.25.
Harjamukti, Kec. Cimanggis, Depok.
Telp: 021 22875953
Jam Buka: 09.00 - 21.00


2. Sop Sapi Anak Abah

sop sapi anak abahsop sapi anak abah Foto: Sonia Permata/detikfood

Letak warung makan yang satu ini sedikit tersembunyi, karena letaknya di bagian tempat parkir halaman ruko Cibubur Times Square. Meski tempatnya sederhana tapi sop sapi di sini sudah jadi langgnanan para artis seperti Sultan Djorghi hingga Keluarga Gen Halilintar.

Di warung makan ini bisa coba Sup Daging dan Semur Iga Sambal Pucung yang sangat populer. Berbeda dengan warung makan lainnya, di sini semua makanan dibuat tanpa MSG dan baru dibuat ketika ada yang memesan.

Potongan daging sapi yang royal, dengan tambahan wortel, brokoli, hingga tomat hijau membuat rasanya semakin nikmati. Tak ketinggalan menu Semur Iga Sambal Pucung yang mirip seperti bistik dengan tekstur juicy. Kisaran harga makanan di sini sekitar Rp 25.000 saja.

Baca Juga: Sop Sapi Anak Abah: Sluurp! Gurih Segar Sop Daging dan Iga Sambal Pucung

Sop Sapi Anak Abah
Cibubur Times Square. JL. Alternatif Cibubur.
Jatisampurna, Bekasi.
Telp: 0815-1945-0199


3. Kupat Tahu Magelang AA

Kupat Tahu Magelang, a signature dish from Magelang, Central Java. It consists of rice cake (kupat or ketupat), bean curd (tahu), vegetable fritter, cabbage and beansprouts in sweet soy broth enriched with ground peanuts. Served on a white ceramic plate underlined with a green plate. A pair of spoon and fork is placed next to it. A tea in a glass is placed on the upper right hand side. An extra serving of crispy crackers and vegetable fritters are placed nearby. The meal is set on a rustic wooden table painted with bright colours of white and blue.Kupat Tahu Magelang Foto: iStock

Tak jauh dari RM Ibu Haji, ada warung makan tradisional lainnya yang tak kalah ramai dan selalu diserbu oleh pengunjung. Namanya Kupat Tahu Magelang AA, spesialis hidangan khas Magelang dan aneka jajanan tradisional lainnya.

Di sini Kupat Tahu Magelang bisa dipesan sesuai selera. Pilihannya ada kupat tahu yang menggunakan omelette, lalu ada kupat tahu yang menggunakan telur asin sampai tahu telur yang renyah.

Untuk menu pelengkapnya ada kupat, bakwan, sampai peyek. Selain kupat tahu warung makan ini juga menyediakan soto ayam, ayam penyet, bakso bakar, slondok, slonong teng-teng sampai otak-otak bakar. Kisaran harganya dari Rp 25.000 saja.

Kupat Tahu Magelang AA
Jl. Raya Alternatif Cibubur No. 102.
Cimanggis, Depok.
Telp: (021) 33723338


4. Saung Sunda Kang Udin

Tips membuat nasi liwet SundaNasi liwet Sunda Foto: iStock

Dengan konsep warung makan sederhana, Saung Sunda Kang Udin terkenal menyajikan hidangan khas Sunda yang enak di sekitar Cibubur. Di sini konsepnya bisa lesehan atau duduk di meja makan.

Menu makanannya cukup beragam ada pilihan olahan sayur seperti capcay goreng, olahan seafood seperti cumi asam manis, sampai menu Sunda seperti nasi liwet dengan ayam kampung. Nasi timbel pakai ayam bakar.

Kalau suka ikan nila, bisa pesan ikan nila goreng sambal kecap yang cocok dimakan dengan lalapan. Tersedia juga menu ikan lainnya seperti ikan baronang, kuwe sampai bawal dengan pilihan sambal pedas. Kisaran harganya dimulai dari Rp 25.000 saja.

Saung Sunda Kang Udin
Jalan Lapangan Tembak , Cibubur.
Telp: : (021) 8717527


5. Warung Makan Wong Yogya Pak Kardi

Nasi GudegNasi Gudeg Foto: detikFood/iStock

Masih di sekitar Cibubur, tepatnya di depan kantor kelurahan Cibubur. Ada warung makan gaya Jogja yang cukup eksis di sana. Namanya Warung Makan Wong Yogya Pak Kardi.

Di sini menyajikan pilihan ayam bakar, ayam kampung goreng, bebek goreng, soto ayam kampung, sate kulit sampai oseng tempe cabe ijo. Bagi penggemar nasi gudeg, di sini juga menyediakan menu gudeg dengan pilihan lauk yang lengkap.

Ada gudang, krecek, telur pindang, tahu tempe, hingga ati ampela. Kalau mau beli porsian juga bisa, ada nasi gudeg krecek atau nasi gudeg krecek oseng. Kisaran harganya cukup terjangkau mulai dari Rp 10.000 saja.

Wong Yogya Pak Kardi
Jl. Raya Lapangan Tembak No. 64, Cibubur.
Telp: 087881845056

(sob/odi)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT