Mau Berkebun Rempah di Rumah? Ini Tips dari Chef Vania

Devi Setya - detikFood Minggu, 04 Okt 2020 11:00 WIB
Spaghetti Meatballs Daging Sapi Australia ala Chef Vania Wibisono Foto: detikFood
Jakarta -

Chef Vania Wibisono punya hobi baru berkebun rempah. Ia juga bagikan tips praktis jika ingin berkebun rempah di rumah.

Wanita yang akrab disapa Chef Vania ini punya kebun mini di rumahnya. Bukan berbagai tanaman hias saja tapi juga aneka rempah dan bumbu. Kepada detikFood, Chef Vania membeberkan hobi barunya selama pandemi corona.

Chef Vania mengaku sudah lama memiliki tanaman rempah namun jumlahnya masih terbatas. Ketika pandemi corona dan mewajibkan orang untuk membatasi aktivitas sosial, ia justru jadi lebih fokus mengurus kebunnya. Kini tanaman rempahnya semakin banyak dan tumbuh subur meski di halaman rumah yang tidak terlalu luas.

Mau Berkebun Rempah di Rumah? Ini Tips dari Chef VaniaMau Berkebun Rempah di Rumah? Ini Tips dari Chef Vania Foto: doc. Chef Vania Wibisono


"Udah lama sebenernya tapi dulu kan yang rawat mbak di rumah. Nah pas pandemi ini mau nggak mau aku di rumah, yaudah jadi aku yang urus. Dan sekarang jadi makin banyak," ujar Chef Vania.

Sebenarnya ada alasan khusus dibalik hobi baru Chef Vania ini, berawal dari anak-anaknya yang suka makan masakan western, sementara bumbu segar sulit didapat. Mulai dari situ Chef Vania mencoba menanam sendiri berbagai bumbu dan rempah ini.

"Anak-anak sukanya masakan western dan aku sulit mendapatkan herb itu. Aku akhirnya dapat dari suplier tanaman wih bagus banget makanya aku beli dan tanam sendiri. Rempah kayak thyme, marjoram, daun mint gitu aku udah nggak beli lagi, tinggal petik aja sekarang," beber Chef Vania.

Tak hanya rempah untuk masakan western, Chef Vania juga menanam kunyit, jahe dan berbagai rempah khas Indonesia di rumahnya. Total saat ini ada sekitar 10-15 jenis tanaman.

Sukses berkebun di rumah, Chef Vania juga membagikan tips buat para pemula yang juga ingin menanam bumbu dan rempah di rumah.

1. Hindari membeli bibit

Chef Vania mengatakan, bagi para pemula hindari memulai dari bibit tanaman. Sebaiknya membeli pohon yang sudah tumbuh namun ukurannya masih kecil. Menanam dari bibit perlu ketelatenan, dan jika tidak paham cara tanammya maka bibit ini tidak akan tumbuh.

"Lama kalau beli dari bibit. Kita yang pemula kan kadang nggak sabaran, kok belum tumbuh, kok belum tumbuh. Padahal namanya tanaman perlu waktu buat jadi tunas, buat jadi batang. Makanya kalau aku beli yang sudah jadi pohon, pilih aja yang kecil," kata Chef Vania.

2. Rutin menyiram dan memberi pupuk

Mau Berkebun Rempah di Rumah? Ini Tips dari Chef VaniaMau Berkebun Rempah di Rumah? Ini Tips dari Chef Vania Foto: doc. Chef Vania Wibisono

Meskipun pohon ini tampak subur tetapi perlu mendapat nutrisi setiap hari. Caranya dengan menyiram air dan memberi pupuk secara berkala. Dengan cara ini tanaman akan semakin tumbuh besar dan segar.

Apalagi untuk jenis tanaman rempah yang diambil secara rutin. Usahakan untuk tidak memanen daun atau umbi rempah sampai benar-benar habis. Gunakan sedikit demi sedikit agar tanaman tidak cepat mati.

"Perawatannya juga nggak susah, cukup disiram sekali sehari. Pupuk.
Tergantung suhu udara juga dan tergantung bibitnya juga cari yang tepat. Namanya taneman ya gitu ada yang pasti mati," ujar Chef Vania.

3. Kenali cara tumbuh tanaman

Memiliki kebun di rumah memang terlihat mudah tetapi perlu diperhatikan juga jenis tanaman dan cara tumbuhnya. Ada beberapa tanaman yang harus terkena matahari langsung namun ada juga yang justru tak boleh terpapar matahari berlebihan.

Untuk jenis tanaman yang kuat matahari, usahakan untuk diletakkan di area luar rumah. Sementara tanaman yang tak memerlukan matahari berlebih bisa diletakkan di dalam rumah namun dengan sirkulasi udara yang memadai.

Selain tanaman bumbu dan rempah, Chef Vania juga punya koleksi tanaman edible flower yang menurutnya bisa jadi garnish makanan. Kedepannya, Chef Vania juga tertarik membuat kebun hidroponik yang bisa menanam sayuran.



Simak Video "Rempah-rempah Ternyata Bisa Jadi Aksesori Keren"
[Gambas:Video 20detik]
(dvs/odi)