Tak Perlu Ngaduk, Wajan Nasi Goreng Ini Bisa Goyang Otomatis

Riska Fitria - detikFood Minggu, 04 Okt 2020 19:00 WIB
Tak Perlu Ngaduk, Wajan Nasi Goreng Ini Bisa Goyang Otomatis Foto: Instagram @makassar_iinfo/istock
Jakarta -

Pakai wajan nasi goreng ini gak perlu capek-capek ngaduk. Wajannya bisa masak nasi goreng secara otomatis sampai matang.

Pasti kamu sudah tak asing lagi dengan gerakan penjual nasi goreng. Selama proses memasak, mereka tak henti-hentinya mengaduk bahkan sesekali melempar nasi goreng dari wajannya. Namun, semakin berkembangnya zaman agaknya penampakan tersebut akan mulai memudar.

Pasalnya kini banyak bermunculan wajan nasi goreng otomatis yang bisa memasak nasi goreng hingga matang tanpa tenaga manusia. Seperti penjual nasi goreng yang ada di China ini yang viral lewat sebuah video.

Tak Perlu Ngaduk, Wajan Nasi Goreng Ini Bisa Goyang OtomatisTak Perlu Ngaduk, Wajan Nasi Goreng Ini Bisa Goyang Otomatis Foto: Instagram @makassar_iinfo/istock

Baca Juga : Kata Ahli Ini Trik yang Bikin Nasi Goreng Buatan Resto Rasanya Enak

Dalam video yang diunggah di akun Instagram @makassar_iinfo (26/09) memperlihatkan seorang penjual nasi goreng yang sibuk mengamati wajan otomatisnya. Ya, jika dilihat hari tampilannya, wajan nasi goreng tersebut seperti wajan pada umumnya.

Berbentuk bulat dengan gagang kaya di salah satu sisinya. Namun perbedaannya, wajan nasi nasi goreng itu bisa bergerak sendiri dengan tenaga mesin. Bahkan gerakannya melemparnya tak jauh berbeda dengan penjual nasi goreng.

Dengan wajan otomatis tersebut, penjual nasi goreng tidak perlu lelah mengaduk nasi goreng. Ia hanya memasukkan bahan-bahan dan menunggu hingga nasi gorengnya matang. Ternyata, wajan nasi goreng otomatis ini juga pernah dipakai oleh sebuah warung di Yogyakarta, Jawa Tengah.

Tak Perlu Ngaduk, Wajan Nasi Goreng Ini Bisa Goyang OtomatisTak Perlu Ngaduk, Wajan Nasi Goreng Ini Bisa Goyang Otomatis Foto: Instagram @makassar_iinfo/istock

Penampakan wajannya juga sempat viral setelah dibagikan oleh akun Twitter @bebaspikir (20/02/19). Meski sama-sama otomatis, tetapi wajan nasi goreng yang di China dan di Yogyakarta memiliki cara kerja yang berbeda.

Wajan nasi goreng yang dipakai di warung di Yogyakarta ini terdapat alat pengaduk berupa besi yang melingkar. Sementara wajannya hanya bergerak memutar tanpa ada gerakan melempar nasi. Selain itu, terdapat dua bagian berbentuk oval yang menutupi semua sisi wajan agar nasi goreng tidak berantakan.

Unggahan tentang wajan nasi goreng otomatis ini pun banyak ditanggapi oleh netizen. Banyak dari netizen yang khawatir bahwa wajan otomatis tersebut dapat mengubah rasa keautentikan nasi goreng itu sendiri.

Tak Perlu Ngaduk, Wajan Nasi Goreng Ini Bisa Goyang OtomatisTak Perlu Ngaduk, Wajan Nasi Goreng Ini Bisa Goyang Otomatis Foto: Instagram @makassar_iinfo/istock

"Tukang nasi goreng menangis melihat ini," tulis netizen.

"Tapi rasanya tidak seautentik di Indonesia yang menggunakan keringat dan tenaga manusia," tulis netizen lainnya.

Bicara soal nasi goreng yang dimasak langsung oleh penjual nasi goreng, ternyata ada kaitannya lho antara gerakan melempar saat memasak nasi goreng dengan hasil rasanya. Gerakan melempar itu disebut bisa membuat nasi gorengnya jadi enak.

Hal tersebut pernah diteliti oleh sebuah penelitian yang diterbitkan di Journal of the Royal Society Interface. Berdasarkan pengamatan, gerakan melempar nasi goreng itu membuat bumbu pada racikan nasi goreng bercampur lebih merata dan matang merata tanpa gosong.

Baca Juga : Peneliti Sebut Gerakan Melempar saat Masak Nasi Goreng Bikin Rasanya Makin Enak



Simak Video "Maknyus! Nasi Goreng Jumbo dengan Daging Bistik yang Bikin Nagih"
[Gambas:Video 20detik]
(raf/odi)