Jualan Rempah Kering Saat Pandemi, Pria Ini Raup Omzet Puluhan Juta

Devi Setya - detikFood Sabtu, 03 Okt 2020 15:00 WIB
Jualan Rempah Kering Saat Pandemi, Pria Ini Raup Omzet Puluhan Juta Foto: youtube Franz Kavalino
Jakarta -

Banyak ide usaha yang bisa dijalani dari rumah, terlebih ketika masa pandemi corona. Kamu bisa jualan rempah kering yang modalnya kecil tapi omzet puluhan juta.

Seorang pengusaha rempah kering membagikan rahasia suksesnya lewat video youtube di channel Franz Kavalino. Ia menunjukkan sekaligus membuktikan kalau bisa mencapai sukses dengan modal kecil.

Franz membuat usaha rempah kering yang terbilang kecil-kecilan karena modalnya sekitar Rp 500 ribu. Dengan uang ini Franz membelanjakan berbagai rempah yang biasa dijadikan pelengkap untuk masak sop, soto hingga gulai.

Jualan Rempah Kering Saat Pandemi, Pria Ini Raup Omzet Puluhan JutaJualan Rempah Kering Saat Pandemi, Pria Ini Raup Omzet Puluhan Juta Foto: youtube Franz Kavalino

Diakui Franz, harga rempah ini sangat mahal, dengan uang Rp 500 ribu ini ia membeli rempah masing-masing setengah kilogram. Rempah yang dibeli antara lain ketumbar, biji pala, kayu manis, lada, kembang lawang, adas manis, cengkeh dan berbagai rempah lainnya.

Semua rempah ini dikemas dalam plastik kecil dengan isian rempah yang disesuaikan dengan jenis masakan. Setelah dikemas, Franz juga melengkapi bumbunya ini dengan label dan merek untuk meyakinkan pembeli.

Dengan modal Rp 500 ribu, ia bisa mendapatkan 35 pak bumbu yang masing-masing berisi 20 bungkus rempah. Nantinya setiap bungkus bumbu ini dijual dengan harga Rp 1.000.

Untuk teknik penjualan, Franz mengaku cukup menitipkan rempah ini pada warung atau kios bumbu di pasar. Dengan modal seadanya Franz mengaku setiap bulan omzetnya bisa mencapai Rp 30-60 juta tergantung ramainya pembeli. Omzet ini bukan keuntungan bersih karena ia masih harus memutarkan uangnya untuk modal berikutnya.

Franz mengatakan bisnis seperti ini sangat bisa dilakukan siapapun karena tidak perlu keahlian khusus dan tidak membutuhkan modal yang besar juga. Cara kerjanya juga mudah dan bisa dijalankan di rumah.

Melihat potensi usaha yang dijalankan Franz, banyak orang akhirnya tertarik memulai usaha serupa. Banyak juga yang menanyakan dan ingin belajar soal rempah kering ini pada Franz.

"Idenya menginspirasi. Bisa jadi ide jualan, saya mau belajar juga sama abang soal bumbu kering ini dan cara jualnya," kata netizen.

"Bang mau dong belajar, gimana caranya menakar bumbu. Setiap hari laku berapa bungkus bumbu keringnya?" sahut netizen lain.

"Omzet selangit, tapi tetap membumi. Kalau ada modal buat beli mesin giling bumbu bang. Jualan juga bumbu basahnya," ujar netizen.

Jualan Rempah Kering Saat Pandemi, Pria Ini Raup Omzet Puluhan JutaJualan Rempah Kering Saat Pandemi, Pria Ini Raup Omzet Puluhan Juta Foto: youtube Franz Kavalino

Pengusaha bumbu yang sukses seperti Franz ini sebenarnya banyak. Salah satunya kisah Ordinal, pengusaha bumbu giling yang dulunya seorang gelandangan namun kini jadi milyarder berkat usaha bumbu giling.

Ordinal dahulu berjualan di emperan pasar, kini ia bahkan sudah memiliki rumah mewah, kendaraan pribadi, ruko serta kontrakan. Semuanya ia peroleh dengan usaha bumbu giling.



Simak Video "Kombinasi Pizza dan Bumbu Masak Andaliman"
[Gambas:Video 20detik]
(dvs/odi)