5 Tips Nyaman Makan di Mobil yang Lagi Ngetren

Riska Fitria - detikFood Sabtu, 03 Okt 2020 13:00 WIB
5 Tips Nyaman Makan di Mobil yang Lagi Ngetren Foto: iStock
Jakarta -

Sebagai bentuk inovasi di masa PSBB, banyak restoran yang menawarkan layanan dine in the car atau makan di mobil (mabil). Supaya merasa nyaman, perhatian tips ini.

Jakarta kembali PSSB! Selama masa PSBB, Pemprov DKI Jakarta telah mengeluarkan aturan berupa larangan untuk makan di warung makan, kafe atau restoran. Jadi, pelaku usaha kuliner itu tetap boleh membuka gerainya, tetapi tidak boleh menerima pengunjung untuk makan di tempat.

Dengan adanya aturan tersebut banyak pelaku usaha kuliner yang berinovasi. Salah satunya adalah menerapkan layanan dine in the car atau makan di mobil. Dengan layanan ini, pengunjung bisa menikmati makanan di area restoran tetapi tetap mematuhi aturan PSBB.

Pengalaman makan di mobil atau mabil ini bisa memberikan sensasi tersendiri. Namun, mungkin banyak yang beranggapan bahwa makan di mobil sangat merepotkan. Merasa tidak leluasa, apalagi risiko makanan dan minuman tumpah di dalam mobil.

Supaya tetap nyaman, berikut tips saat makan di mobil (mabil).

Baca Juga : Makan di Mobil Kini Jadi 'New Normal', Ini Cerita Netizen

1. Pakai Nampan

5 Tips Nyaman Makan di Mobil yang Lagi Ngetren5 Tips Nyaman Makan di Mobil yang Lagi Ngetren Foto: 20detik

Nampan jadi peralatan yang simpel untuk bisa tetap nyaman makan di mobil. Biasanya pelayan restoran saat mengantarkan pesanan ke mobil menggunakan nampan. Dan nampan itulah yang nantinya dijadikan sebagai meja.

Kamu bisa memangku nampan tersebut sebagai tatakan makanan dan minuman yang dipesan. Namun sebaiknya, dalam satu nampan jangan menaruh makanan dan minuman yang berlebihan. Sebab, nampan akan tidak imbang dan terasa berat, sehingga bisa tumpah. Kamu bisa menaruh gelas minuman di tempat gelas di mobil agar lebih stabil.

2. Disediakan Meja Mini

5 Tips Nyaman Makan di Mobil yang Lagi Ngetren5 Tips Nyaman Makan di Mobil yang Lagi Ngetren Foto: iStock

Selain nampan, ada juga restoran atau kafe yang akan menyediakan meja mini untuk meletakkan makanan dan minuman yang di pesan. Meja mini itu nantinya akan diletakkan di luar mobil. Jadi, pengunjung bisa lebih leluasa makan tanpa takut makanan tumpah.

Seperti yang diterapkan oleh sebuah gerai Tansu Jakarta yang berada di bilangan Cilandak. Selain menyediakan nampan, mereka juga akan menyiapkan meja mini di luar area mobil pengunjung. Jadi tidak semua makanan ditaruh dalam nampan.

3. Dipasang Meja Panjang di Dalam Mobil

5 Tips Nyaman Makan di Mobil yang Lagi Ngetren5 Tips Nyaman Makan di Mobil yang Lagi Ngetren Foto: YouTube JKT DELICACY

Ada juga restoran yang bersedia memasangkan meja panjang di dalam area mobil, tepatnya di area tengah mobil. Bukan meja biasa, melainkan meja yang telah didesain khusus agar pas di dalam mobil. Pemasangan meja tersebut dirasa dapat membuat pengunjung lebih nyaman lagi saat makan di mobil.

Jadi, pengunjung bisa meletakkan semua pesanan makanan dan minuman dan juga bisa sambil makan tanpa takut resiko tumpah. Pemasangan meja di dalam area mobil ini diterapkan oleh restoran bernama Angke Restaurant yang ada di Mall of Indonesia.

4. Batasi Penumpang Mobil

5 Tips Nyaman Makan di Mobil yang Lagi Ngetren5 Tips Nyaman Makan di Mobil yang Lagi Ngetren Foto: Supplied

Meski alat pendukung telah dilakukan, tetapi agaknya akan lebih nyaman jika membatasi penumpang di dalam mobil ketika hendak dine in the car. Supaya lebih leluasa dan tidak terkesan engap, sebaiknya dalam satu mobil berisi 2 hingga 3 orang saja.

Jika terlalu banyak orang, kemungkinan makanan dan minuman tumpah akan sering terjadi. Mereka yang duduk berhimpitan akan mudah menyenggol satu sama lain. Jika hal tersebut terjadi tidak hanya akan mengotori mobil tetapi juga pakaian yang dipakai.

5. Bikin Reservasi

5 Tips Nyaman Makan di Mobil yang Lagi Ngetren5 Tips Nyaman Makan di Mobil yang Lagi Ngetren Foto: iStock

Sebelum memutuskan untuk mencoba sensasi makan di dalam mobil, sebaiknya melakukan reservasi terlalu dahulu. Mengingat area parkir di restoran atau kafe yang tidak terlalu luas. Selain itu, peralatan khusus juga bisa jadi terbatas.

Dengan melakukan reservasi kamu akan mendapatkan pelayanan yang memuaskan. Bahkan tidak perlu mengantre. Oiya, jangan lupa juga peralatan kebersihan seperti hand sanitizer, tisu basah, tisu kering dan disinfektan untuk berjaga-jaga.

Membawa kotak makan sendiri menjadi ide yang bagus. Kotak makanan tersebut bisa untuk membungkus makanan yang tak habis dimakan. Jadi masih bisa dinikmati di rumah.

Baca Juga : Keren! Restoran di Sepanjang Jalan Ini Berikan Layanan Makan di Mobil



Simak Video "Nyobain 'Dine In Car' Ala Kedai TanSu Selama Pandemi Corona"
[Gambas:Video 20detik]
(raf/odi)

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com