Ini Kafe Anjing Pertama di Arab Saudi yang Baru Saja Buka

Sonia Basoni - detikFood Jumat, 02 Okt 2020 10:30 WIB
Ini Kafe Anjing Pertama di Arab Saudi yang Baru Saja Buka Foto: Instagram @Thebarkinglot.sa
Jakarta -

Sudah lebih modern dan terbuka, kini ada kafe anjing pertama di Arab Saudi. Kafe ini dibuat khusus untuk para penggemar anjing di sana.

Meski bukan hal yang baru, tapi kafe dengan konsep anjing sebagai bintang utamanya merupakan hal yang menarik perhatian di Arab Saudi. Salah satu negara Islam terbesar di dunia ini baru saja meresmikan kafe anjing di kota Al Khobar.

Baca Juga: Hadirkan Anjing yang Mirip Panda, Kafe Ini Dikecam Pencinta Hewan

Dilansir dari Malay Mail (02/10), kafe ini diberi nama The Barking Lot yang sudah dibuka sejak bulan Juni lalu. Sama seperti kafe hewan pada umumnya, di dalam The Barking Lot pengunjung dapat membawa anjing peliharaan mereka. Di sana para anjing bisa dengan bebas main dengan anjing pengunjung lainnya.

Ini Kafe Anjing Pertama di Arab Saudi yang Baru Saja BukaIni Kafe Anjing Pertama di Arab Saudi yang Baru Saja Buka Foto: Instagram @Thebarkinglot.sa

Kafe anjing ini menjadi sorotan banyak orang, mengingat anjing merupakan salah satu hewan yang diharamkan menurut syariat Islam.

Dalam agama Islam, anjing termasuk ke dalam golongan As-Siba yang berarti hewan buas. Anjing memiliki gigi taring sehingga haram hukumnya untuk dimakan oleh umat Muslim, seperti yang disebutkan dalam hadist Abu Hurairah Radhiyallahu 'anhu.

Selain itu air liur dan keringat anjing dianggap sebagai najis dalam beberapa mahzab Islam. Karenanya kehadiran kafe anjing di Arab Saudi ini mengundang perhatian banyak orang.

Menanggapi hal ini sang pemilik kafe bernama Dalal Ahmed yang berasal dari Kuwait, menjelaskan bahwa ia mendapatkan ide untuk membuat kafe anjing setelah berkunjung ke Arab Saudi.

Ini Kafe Anjing Pertama di Arab Saudi yang Baru Saja BukaIni Kafe Anjing Pertama di Arab Saudi yang Baru Saja Buka Foto: Instagram @Thebarkinglot.sa

"Saya awalnya datang ke Arab Saudi bersama anjing saya. Tapi saya tidak boleh mengajaknya jalan-jalan di tepi pantai. Saya sangat sedih tentang hal itu, akhirnya saya memutuskan untuk membuka kafe bagi penggemar anjing. Termasuk untuk orang-orang yang tidak terlalu suka anjing," jelasnya.

Di kafe The Barking Lot ini, ada banyak anjing yang berkeliaran bebas. Di sini para pengunjung bisa menikmati makanan dan minuman sambil bermain dengan anjing peliharaan.

Kafe ini juga dilengkapi ruang perawatan (grooming) untuk anjing. Mulai dari tempat mandi hingga tempat pengeringan.

"Ide kafe ini sebenarnya masih sangat baru. Ini adalah tempat di mana para anjing bisa berjumpa dan bermain bersama," jelas Dalal.

Pembukaan The Barking Lot juga disambut baik oleh para pemilik anjing di Arab Saudi. Banyak dari mereka yang tak percaya bahwa Arab Saudi akan memiliki kafe anjing yang bebas dikunjungi.

Ini Kafe Anjing Pertama di Arab Saudi yang Baru Saja BukaIni Kafe Anjing Pertama di Arab Saudi yang Baru Saja Buka Foto: Instagram @Thebarkinglot.sa

"Saya kemari untuk bermain dengan para anjing. Kini mereka memiliki kafe khusus untuk pertama kalinya di Arab Saudi," ungkap salah satu pengunjung bernama Nawaf.

Beberapa tahun sebelumnya membawa anjing ke tempat umum seperti pantai hingga taman merupakan hal yang melanggar hukum di Arab Saudi. Ketika peraturan ini dihapuskan, banyak warga di sana yang mulai membawa hewan peliharaan mereka ke tempat umum.

Perubahan hukum ini juga membuat meningkatnya tempat penangkaran hewan, sekaligus tempat adopsi hewan liar seperti kucing dan anjing.

Perubahan ini termasuk ke dalam 'Visi 2030' yang dicanangkan oleh Putra Mahkota Arab Saudi, Mohammed bin Salman. Di mana visi ini fokus untuk mengurangi ketergantungan negara Arab Saudi dari industri minyak, dengan mengembangkan ekonomi di sektor lain termasuk sektor layanan publik.

Baca Juga: Di Kafe Ini Pengunjung Bisa Main Bareng Burung Hantu dan Ngemil Enak



Simak Video "Menengok Alifmart Store, Bisnis Pertanian Santri Milenial Bandung"
[Gambas:Video 20detik]
(raf/odi)

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com