Tren Warung Kampung

Tumis Jantung Pisang dan Kembang Duren, Menu Kampung yang Ngangeni

Devi Setya - detikFood Jumat, 02 Okt 2020 13:00 WIB
tumis kembang durian Foto: instagram @kartinidjauhari
FOKUS BERITA Tren Warung Kampung
Jakarta -

Berbagai menu masakan sayur khas warung kampung tak pernah gagal menggoda. Ada tumis jantung pisang, tumis kulit melinjo hingga tumis kembang duren yang enaknya bikin kangen.

Bosan dengan tumis kangkung? Cobalah cicip tumis sayuran ala kampung yang sederhana tapi rasanya ngangeni. Menu sayur ini sudah mulai sulit ditemui tetapi kalau datang ke warung makan kampung kamu pasti bisa mencobanya.

Sebut saja misalnya tumis jantung pisang, tumis kembang duren, tumis kulit melinjo hingga tumis kembang pepaya, berbagai tumisan sayur ini tak bisa dijumpai di warteg biasa. Kamu perlu datang ke warung Betawi atau sunda yang masih autentik.

Dengan rasa dan tekstur khasnya, aneka tumis sayuran ini paling enak dimakan bersama nasi hangat. Meski sederhana, tumisan sayuran ini dijamin bikin kamu merasa seperti sedang bernostalgia ke tempo dulu.

Berikut beberapa sayur kampung yang sensasi rasanya ngangeni.

1. Tumis Jantung Pisang

jantung pisangTumis Jantung Pisang dan Kembang Duren, Menu Kampung yang Ngangeni Foto: detikfood


Tumis jantung pisang termasuk salah satu yang favorit di warung kampung. Masakan ini sudah mulai langka padahal rasanya gurih nikmat apalagi ditumis dengan tambahan irisan cabai rawit merah, petai atau ikan teri.

Membuat tumis jantung pisang sebenarnya tidak sulit, kamu hanya membutuhkan jantung pisang yang masih muda. Kemudian iris-iris lalu rebus untuk menghilangkan getahnya. Setelah direbus, jantung pisang bisa langsung ditumis dengan bumbu bawang merah, bawang putih dan cabai.

Jantung pisang ini punya tekstur lembut karena sudah direbus lebih dulu. Kandungan serat pada jantung pisang juga punya peran penting untuk kesehatan. Di pasar tradisional, jantung pisang masih mudah ditemui dan harganya juga terjangkau.

Selanjutnya
Halaman
1 2 3


Simak Video "Masak Masak: Kreasi Tahu Sutera dengan Daging Sapi Giling"
[Gambas:Video 20detik]

FOKUS BERITA Tren Warung Kampung
FOKUS BERITA Tren Warung Kampung

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com