Tren Warung Kampung

5 Tempat Makan Ini Punya Pecak Ikan yang Terkenal Enak

Riska Fitria - detikFood Rabu, 30 Sep 2020 17:00 WIB
Rekomendasi tempat makan pecak Foto: detikFood
Jakarta -

Betawi tak hanya soto saja, ada sajian pecak yang sedap. Ikan goreng diracik dengan bumbu kuah yang asam segar.

Sebenarnya hidangan pecak ikan ada dua versi, yaitu gaya Sunda dan Betawi. Perbedaan keduanya ada pada racikan bumbunya. Pecak ikan khas Sunda dibuat dengan bumbu kacang. Untuk kuahnya diracik dari bawang merah, jahe, temu kunci dan kecombrang.

Berbeda dengan pecak ikan khas Betawi yang bumbunya berupa sambal pecak dan kuah pedas asam segar. Sambal pecak sendiri diracik dengan cabai, tomat, dan kemiri. Kadang-kadang ditambahkan serutan buah mangga muda.

Sementara untuk jenis ikan yang digunakan biasanya ikan air tawar. Seperti ikan gurame, ikan gabus, ikan mas, ikan mujair, bandeng dan lainnya. Rasanya nikmat disantap pakai nasi hangat.

Berikut ini rekomendasi 5 tempat makan pecak yang terkenal enak, ada gaya Sunda dan Betawi.

1. RM Pecak Gurame

Rekomendasi tempat makan pecakRekomendasi tempat makan pecak Foto: detikFood

RM Pecak Gurame bisa kamu kunjungi di kawasan Serpong. Sesuai namanya, tempat makan ini menawarkan hidangan pecak ikan gurame. Namun, pecak di sini dibuat bukan dengan gaya Betawi, melainkan ada perpaduan dengan gaya Sunda.

Pecaknya dibuat dari campuran kacang sangrai yang ditumbuk. Perbedaan juga ada kuah pecaknya yang terasa lebih segar karena dicampur dengan racikan bawang merah, jahe, kunci dan kecombrang. Selain pecak, RM Pecak Gurame juga menawarkan gabus pucung, sambal dadak, hingga sayur asem.

RM. Pecak Gurame
Jl. Raya Viktor BSD No. 13
Serpong, Tangerang
Telepon: 082113469070

Baca Juga : Bersantai dan Makan Enak di Warung Kampung Pinggiran Kota yang Asri

2. RM Khas Betawi Babeh Sadeli

Rekomendasi tempat makan pecakRekomendasi tempat makan pecak Foto: Instagram @yukkulinerenak


Di kawasan Tangerang juga ada tempat makan pecak yang terkenal enak. Nama tempatnya adalah RM Khas Betawi Babeh Sadeli yang mengusung konsep lesehan. Tempat ini sangat cocok untuk makan bersama keluarga.

Suasananya sangat asri dengan area pengunjung yang didominasi dengan anyaman bambu. Untuk menu pecak ikan gurame ini dipesan banyak orang karena rasanya yang segar dan pedas. Ukuran ikannya yang besar dan kuahnya yang royal.

RM Khas Betawi Babeh Sadeli
l. Jombang Raya, Pd. Kacang Tim.
Tangerang Selatan, Banten
Telepon : (021) 7315060
Jam Buka : 10.00 - 21.00

3. Warung Pecak Duren

Rekomendasi tempat makan pecakRekomendasi tempat makan pecak Foto: Instagram @ericekos


Tak jauh dari RM Khas Betawi Babeh Sadeli ada lagi tempat makan pecak. Tempatnya bernama Warung Pecak Duren yang areanya sederhana. Meski begitu, warung ini selalu menjadi pilihan banyak orang untuk menikmati pecak.

Apalagi area warungnya yang asri karena dikelilingi pepohonan. Warung ini menawarkan pecak dengan berbagai jenis ikan, mulai dari ikan gurame, ikan mujair hingga ikan mas. Selain pecak di sini juga tersedia menu ayam, bakwan udang dan bakwan jagung.

Warung Pecak Duren
Kecamatan Kranggan, Setu
Tangerang Selatan
Telepon : 0852-1909-9198

4. Warung Mak Dower

Pecak IkanPecak Ikan Foto: detikFood

Di bilangan Jakarta ada tempat makan pecak yang dikenal bernama Warung Mak Dower. Tempat ini menawarkan puluhan makanan khas Betawi, salah satunya adalah pecak ikan. Nah, untuk jenis ikan yang digunakan dalam menu adalah ikan bandeng.

Ikan bandengnya bertekstur empuk. Ikan bandengnya disajikan dengan kuah pecak yang asam segar. Selain itu, diberikan bawang merah iris yang royal. Sehingga selain aromanya yang harum rasanya juga gurih. Apalagi disantap dengan nasi putih.

Warung Mak Dower
Jl. Pemuda No. 72 Rawamangun
Jakarta Timur
Telepon: (021) 22868623
Jam buka: 09.00-20.30

5. Rumah Makan Mpok Kuni

Rekomendasi tempat makan pecakRekomendasi tempat makan pecak Foto: detikFood

Rumah Makan Mpok Kuni bisa kamu jadikan destinasi wisata kuliner bersama keluarga. Areanya luas dengan menempati halaman rumah sebagai area pengunjungnya. Ternyata tempat makan ini terkenal legendaris karena sudah ada sejak 1986.

Rumah Makan Mpok Kuni menawarkan pecak ikan gabus dengan ukuran yang mengenyangkan. Kuahnya dibuat dari hasil rebusan rempah dengan warna bening. Rasanya pedas, gurih, dan asam segar. Ikannya terasa renyah karena digoreng garing.

Warung Betawi Mpok Kuni
Gg. A. Ismail RT 01/05
Cipete Pinang, Tangerang
Telepon: 081299243986
Jam Buka: 09.00 - 18.00

Baca Juga : Nyang Ini Pecak Gurame Punye Babe

(raf/odi)