Hobi Makan Kuaci Tiap Hari, Pasangan Lansia Ini Kena Kanker Usus

Sonia Basoni - detikFood Selasa, 29 Sep 2020 14:00 WIB
Hobi Makan Kuaci Tiap Hari, Pasangan Lansia Ini Kena Kanker Usus Foto: iStock/Ist
Jakarta -

Hobi makan kuaci biji melon setiap hari, pasangan lansia ini menderita kanker usus karena pola makannya ini.

Tak hanya dari biji matahari saja, tapi kuaci dari biji melon juga tak kalah populer. Meski tidak berbahaya, tapi makanan apapun yang dimakan secara berlebihan terus menerus akan berdampak buruk pada kesehatan.

Baca Juga: Bukan Mie Instan, Netizen Perbaiki Pintu Rusak Pakai Kuaci

Seperti yang dialami oleh pasangan suami istri dari Wuhan, China. Pasangan ini punya hobi makan kuaci biji melon sebanyak 500 gram setiap harinya. Mereka ngemil biji melon tersebut selama dua tahun penuh.

Hobi Makan Kuaci Tiap Hari, Pasangan Lansia Ini Kena Kanker UsusHobi Makan Kuaci Tiap Hari, Pasangan Lansia Ini Kena Kanker Usus Foto: iStock/Ist

Dilansir dari Asia One (29/09), pasangan yang berusia di atas 60 tahun ini mengaku melihat darah di tinja mereka. Akhirnya pasangan ini pergi ke rumah sakit Wuhan Hospital of Traditional Chinese Medicine.

Setelah diperiksa menggunakan kolonoskopi, tim dokter menemukan bahwa pasangan ini mengidap kanker usus besar di tahap medium. Sebelumnya mereka tidak memiliki riwayat kanker usus atau masalah lainnya.

Setelah ditelusuri lebih lanjut, ternyata kanker usus berhubungan dengan pola makan pasangan ini. Mereka mengaku sudah mengonsumsi kuaci biji melon sebagai teman ngemil ketika nonton tv. Tak hanya sehari atau dua hari, mereka ngemil biji melon selama dua tahun penuh.

Hobi Makan Kuaci Tiap Hari, Pasangan Lansia Ini Kena Kanker UsusHobi Makan Kuaci Tiap Hari, Pasangan Lansia Ini Kena Kanker Usus Foto: iStock/Ist

Menurut para dokter, biji melon yang dijual di pasaran dalam bentuk camilan atau kuaci biasanya mengandung banyak bumbu. Seperti tambahan garam hingga pemanis buatan jenis saccharin.

Sementara untuk bumbu yang dimasukkan ke dalam biji melon ada campuran safrole, yaitu komponen organik yang cukup beracun.

Meski begitu safrole tidak berbahaya pada tubuh manusia jika dikonsumsi dalam takaran kecil. Namun jika dikonsumsi berlebihan kandungan racunnya akan menumpuk di dalam tubuh. Serta memberikan efek samping seperti kanker usus hingga gangguan hati.

Hobi Makan Kuaci Tiap Hari, Pasangan Lansia Ini Kena Kanker UsusHobi Makan Kuaci Tiap Hari, Pasangan Lansia Ini Kena Kanker Usus Foto: iStock/Ist

Ditambah ada banyak biji melon yang sudah membusuk dapat menyebabkan kanker pada tubuh seseorang. Para dokter mengingatkan untuk mengonsumsi biji melon dalam porsi yang wajar dan tidak berlebihan.

Beberapa manfaat rutin konsumsi biji melon yang mengandung asam lemak tak jenuh, dapat membantu menurunkan kadar kolesterol hingga mencegah penyakit jantung. Tentunya manfaat ini baru bisa dirasakan tubuh jika biji melon dikonsumsi sesuai takaran yang dianjurkan.

Baca Juga: Khusus Buat Orang Malas, Kini Ada Mesin Pengupas Kuaci Otomatis



Simak Video "Nyobain Kue Pukis KFC, Rasanya Premium Banget!"
[Gambas:Video 20detik]
(sob/odi)