Bukan Mie Instan, Netizen Perbaiki Pintu Rusak Pakai Kuaci

Devi Setya - detikFood Selasa, 21 Apr 2020 19:00 WIB
tambal pintu pakai kuaci Foto: instagram
Jakarta -

Jika sebelumnya orang-orang memperbaiki perabot rumah tangga dengan mie instan, kini ada cara baru. Pintu yang rusak bisa ditambal pakai kuaci.

Biji bunga matahari atau kuaci bukan hanya bisa jadi camilan untuk mengusir bosan. Kudapan asin gurih ini ternyata bisa juga untuk memperbaiki pintu yang rusak dan keropos.

Popularitas mie instan sebagai media untuk membetulkan perabot rusak tampaknya akan segera terganti dengan kuaci. Ya, kuaci ternyata bisa juga dijadikan bahan untuk menambal perabot rumah tangga yang rusak atau keropos. Cara kerjanya mirip seperti saat menggunakan mie instan.

tambal pintu pakai kuacitambal pintu pakai kuaci Foto: instagram


Baca juga : Tak Hanya Viral, Ternyata Mie Instan Memang Bisa Dipakai Perbaiki Perabotan


Langkah pertama yang harus dilakukan yakni menyiapkan alat dan bahan seperti kuaci, lem, amplas dan cat. Tentu saja Anda juga harus menyiapkan pintu atau meja yang keropos dan ingin diperbaiki.

Setelah semua bahan dan alat siap, Anda bisa langsung menuangkan kuaci pada rongga pintu yang rusak. Kemudian ratakan hingga padat. Tuangkan lem cair dan diamkan hingga lem mengeras dan membuat kuaci saling menempel dengan kayu.

Saat sudah kering, kuaci akan melekat kuat pada kayu pintu. Anda harus mengamplas kayu ini hingga permukaannya rata, rapi dan halus. Setelah itu, barulah permukaan pintu ini bisa dicat sesuai warna aslinya. Lakukan pengecatan dengan perlahan agar hasilnya rapi dan warna permukaan pintu tidak belang.

tambal pintu pakai kuacitambal pintu pakai kuaci Foto: instagram


Cara menambal pintu dengan kuaci ini belum banyak diterapkan karena selama ini orang banyak mengandalkan mie instan. Jika melihat caranya yang sederhana dan mudah, bukan tidak mungkin tren kuaci ini akan menyaingi mie instan dalam hal memperbaiki perabot rumah tangga.

Sebelumnya, orang-orang banyak mengandalkan mie instan untuk memperbaiki berbagai barang yang rusak. Mulai dari pintu kayu, meja, wajan, wastafle hingga mangkuk keramik, semuanya sudah pernah diperbaiki dengan tambalan mie instan.

Baca juga : Kriuk-kriuk, 8 Meme Makan Kuaci yang Bikin Capek hingga Geregetan



Simak Video "Oh, Ternyata Begini Cara Bikin Kuaci"
[Gambas:Video 20detik]
(dvs/odi)

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com