Seperti Ini Kesibukan Pramugari dan Chef Sajikan Makanan di Pesawat

Andi Annisa Dwi Rahmawati - detikFood Senin, 28 Sep 2020 19:00 WIB
Menu makanan pesawat Foto: iStock

2. Menunya sangat beragam

Seperti Ini Kesibukan Pramugari dan Chef Sajikan Makanan di PesawatSeperti Ini Kesibukan Pramugari dan Chef Sajikan Makanan di Pesawat Foto: YouTube Matt's Family Life

Meski hanya sarapan, ternyata makanan yang harus disiapkan chef Kezia sangat banyak. Ada pilihan menu Indonesia dan Barat. "Untuk menu Indonesia kita ada lontong sayur, untuk Western-nya ada dragon smoothies," kata sang chef.

Lalu untuk menu utama gaya Barat tersedia ragam olahan telur. Bisa diorak-arik, dibuat omelet, atau dibuat mata sapi. Semuanya disiapkan fresh di dapur kecil yang ada di pesawat.

Pelengkap lainnya ada yogurt sampai potongan buah segar. Urusan plating juga tak sembarangan. Chef on Board bahkan menghias dragon smoothies secantik mungkin di piring bersama ragam topping.

Baca Juga: 12 Fakta Soal Makanan Pesawat Ini Perlu Kamu Ketahui

3. Tantangan jadi chef on board

Seperti Ini Kesibukan Pramugari dan Chef Sajikan Makanan di PesawatSeperti Ini Kesibukan Pramugari dan Chef Sajikan Makanan di Pesawat Foto: YouTube Matt's Family Life

Diwawancarai Bennison, chef Kezia bercerita pengalamannya menjadi chef. "Saya backgroundnya dari beberapa restoran dan hotel bintang 5 di Jakarta," kata chef Kezia soal pengalaman karirnya sebelum jadi chef on board di maskapai Garuda Indonesia.

Untuk tantangan kerja di udara, chef Kezia bilang paling utama adalah manajemen waktu. "Karena satu, kita di ketinggian, kita harus menyajikan makanan dalam waktu dengan cepat," katanya.

Ia juga harus bekerja sendiri sebagai chef di pesawat. Berbeda dengan di darat dimana kerja chef bisa berupa tim. Chef Kezia menuturkan ada 8 tahapan yang setidaknya harus dilalui seorang chef on board untuk lulus. Tak jauh beda dengan tes untuk pramugari.

Selanjutnya
Halaman
1 2 3


Simak Video "Kreasi Ibu-ibu Pangandaran, Ubah Limbah Pohon Pisang Jadi Jajanan"
[Gambas:Video 20detik]