Jajanan Jepang & Korea

Segarnya Ramune, Minuman Soda Jepang yang Berisi Kelereng

Devi Setya - detikFood Sabtu, 26 Sep 2020 18:00 WIB
Minuman Soda Jepang Ramune Foto: Getty Images/iStockphoto/Wako Megumi
FOKUS BERITA Jajanan Jepang & Korea
Jakarta -

Saat musim panas di Jepang ada minuman yang tak pernah dilewatkan orang-orang yakni ramune. Sensasi segar minum ramune semakin unik karena botolnya diisi kelereng.

Memasuki bulan Agustus artinya masyarakat Jepang akan mengalami musim panas. Teriknya matahari membuat tenggorokan kering dan pastinya butuh yang segar-segar. Kamu bisa pilih ramune, minuman soda asal Jepang yang jadi minuman favorit setiap musim panas.

Dilansir dari Japan Center (26/9) ramune adalah jenis minuman berkarbonasi yang diproduksi oleh beberapa produsen minuman ringan. Uniknya, meski dibuat oleh banyak pabrikan, ramune tidak memiliki merek khusus dan hanya mencantumkan nama Ramune pada botol kemasannya.

Minuman Soda Jepang RamuneMinuman Soda Jepang Ramune Foto: Getty Images/iStockphoto/Wako Megumi

Secara umum, minuman soda ini terbuat dari racikan gula atau sirup jagung fruktosa yang dicampur soda dengan cita rasa jeruk nipis yang segar. Rasanya manis segar dan orang Jepang biasa menikmatinya dalam keadaan dingin.

Ramune diperkenalkan di Jepang pada zaman Meiji, minuman ini sudah menjadi simbol modern musim panas di Jepang. Ramune diproduksi pertama kali di Jepang pada tahun 1888 dan hingga kini masih jadi minuman populer terutama di kalangan anak muda.

Catatan sejarah mengatakan kalau ramune pertama kali diperkenalkan oleh Komodor Matthew Perry, orang Amerika yang datang ke Jepang pada tahun 1853. Saat kapal Amerika Serikat berlabuh, beberapa orang Jepang yang naik ke kapal ini disuguhi minuman bersoda yang disebut lemonade. Namun karena orang Jepang sulit melafalkannya maka disebutlah ramune.

Pada tahun 1865 orang Jepang bernama Hanbei Fujise di Nagasaki menjual minuman yang disebut lemon sui (air lemon), tetapi nama tersebut tidak populer. Minuman ini justru populer sebagai ramune yang berasal dari pelafalan orang Jepang untuk lemonade.

Yang menjadi ciri khas ramune adalah bentuk botolnya yang unik. Di dalam botol ramune terdapat bola kecil seukuran kelereng. Jangan khawatir akan tersedak bola, karena leher botol ramune sudah didesain dengan bentuk khusus.

Kelereng yang hilir mudik di dalam botol ramune menghasilkan suara gerincing unik. Ketika minuman diisi dengan cairan berkarbonasi, tekanan gas di dalam botol memaksa kelereng menggelinding ke mulut botol.

Minuman Soda Jepang RamuneMinuman Soda Jepang Ramune Foto: Getty Images/iStockphoto/Wako Megumi

Botol ramune punya model codd-neck yang sebagian besar sudah tidak digunakan lagi, namun produsen ramune di Jepang masih mempertahankan bentuk klasiknya. Di dunia, hanya ramune yang masih setia menggunakan botol model ini.

Kalau dahulu ramune hanya hadir dalam rasa jeruk nipis dan lemon maka sekarang sudah hadir dengan berbagai varian rasa. Beberapa rasa ramune antara lain melon, strawberry, jeruk dan blueberry. Namun tetap yang menjadi favorit adalah rasa jeruk nipis. Kalau ke Jepang saat musim panas, jangan lewatkan sebotol ramune yang tersedia di minimarket dan mesin penjualan minuman otomatis.



Simak Video "Bikin Laper: Kulineran Jepang Bareng Dimas Beck dan Angel Karamoy"
[Gambas:Video 20detik]
(dvs/odi)
FOKUS BERITA Jajanan Jepang & Korea