Pria Ini Tewas karena Terlalu Banyak Makan Permen Akar Manis

Riska Fitria - detikFood Jumat, 25 Sep 2020 14:30 WIB
Pria Ini Tewas karena Terlalu Banyak Makan Permen Akar Manis Foto: iStock
Jakarta -

Doyan makan permen yang terbuat dari akar manis setiap hari, seorang pria di Amerika Serikat dilaporkan tewas. Begini kronologinya!

Massachusetts, seorang pria asal Amerika Serikat yang bekerja sebagai pekerja konstruksi. Pria berusia 54 tahun itu punya kebiasaan makan akar manis setiap hari. Saking sukanya dengan akar manis, bahkan ia bisa menghabiskan setengah kantong akar manis dalam sehari.

Akar manis atau dikenal juga dengan sebutan licorice adalah tanaman sejenis polong-polongan yang berasal dari Eropa Selatan dan beberapa negara Asia. Sebenarnya akar manis sangat berkhasiat untuk kesehatan tubuh, karena mengandung protein, karbohidrat, vitamin A, gula dan senyawa antioksidan.

Pria Ini Tewas karena Terlalu Banyak Makan Permen Akar ManisPria Ini Tewas karena Terlalu Banyak Makan Permen Akar Manis Foto: iStock

Baca Juga : Gadis Ini Tewas Karena Menelan Partikel Berbahaya dari Makanan

Maka tak heran tanaman ini sering dijadikan teknik pengobatan herbal. Khasiatnya dapat memperlancar pernapasan, melindungi kulit, mengatasi nyeri di ulu hati hingga melawan penyakit kanker. Dilansir dari Health Navigator, ekstrak akar manis banyak digunakan untuk pemanis, penyedap, permen, teh herbal hingga suplemen makan.

Namun, mengonsumsi akar manis juga bisa menyebabkan efek samping jika dikonsumsi terlalu banyak. Hal tersebut juga disampaikan oleh Dr. Neel Butala, seorang ahli jantung di Massachusetts General Hospital.

Itu karena akar manis mengandung asam glycyrrhizic yang dapat menyebabkan kalium jad rendah dan ketidakseimbangan mineral. Alhasil dapat menyebabkan kematian.

Pria Ini Tewas karena Terlalu Banyak Makan Permen Akar ManisPria Ini Tewas karena Terlalu Banyak Makan Permen Akar Manis Foto: iStock

Lebih lanjut, Dr. Neel Butala juga menjelaskan bahwa makan 57 gram akar manis dalam sehari selama dua minggu dapat menyebabkan irama jantung terhenti, terutama pada orang di atas usia 40 tahun, seperti yang dikutip dari US Food and Drug Administration (FDA).

Inilah yang dialami oleh Massachusetts. Ia memang doyan makan permen, dan telah beralih dari permen rasa buah menjadi permen akar manis beberapa minggu sebelum kematiannya. Dilansir dari AP News (24/09) Massachusetts awalnya pingsan saat makan di sebuah restoran fast food.

Pria Ini Tewas karena Terlalu Banyak Makan Permen Akar ManisPria Ini Tewas karena Terlalu Banyak Makan Permen Akar Manis Foto: iStock

Setelah diperiksa oleh dokter, ternyata tubuh Massachusetts mengalami kekurangan potasium yang menyebabkan irama jantung berhenti. Setelah dilakukan CPR ia sempat hidup kembali tetapi dilaporkan meninggal dunia di keesokan harinya.

Berdasarkan FDA, kandungan glycyrrhizic pada makanan hanya boleh mencapai 3,1%. Namun banyak permen dan produk akar manis lainnya yang tidak mengungkap berapa banyak kandungan glycyrrhizicnya. Licorice sering dicampurkan dalam obat batuk tetapi dalam takaran terukur.

Baca Juga : 5 Kisah Tragis Remaja yang Tewas Setelah Menyantap Makanan



Simak Video "Pedas Manis Toge Goreng Saus Tauco Hj Omah"
[Gambas:Video 20detik]
(raf/odi)