3 Makanan Sisa Ini Enak Diolah Jadi Orak Arik Telur

Odilia WS - detikFood Jumat, 25 Sep 2020 07:00 WIB
3 Makanan Sisa Diolah Jadi Orak-Arik Telur Foto: iStock
Jakarta -

Punya sisa makanan semalam? Jangan dibuang. Olah saja jadi bahan tambahan orak-arik telur hingga rasanya lebih enak dan lezat.

Makanan sisa tak harus dibuang karena bisa diolah menjadi makanan baru yang enak. Apalagi di masa pandemi, bahan makanan makin mahal harganya. Sedikit kreasi makanan sisa lauk semalam bisa jadi suguhan menarik untuk sarapan.

Makanan yang dipesan melalui online seringkali bersisa. Seperti pizza, ayam goreng dan garlic bread. Dengan tambahan telur, makanan sisa tersebut bisa jadi scrambled egg atau telur orak-arik yang lebih enak dan komplet nutrisinya.

Berikut ini 3 makanan sisa yang enak diolah jadi telur orak-arik atau scrambled egg untuk sajian sarapan.

3 Makanan Sisa Diolah Jadi Orak-Arik Telur3 Makanan Sisa Diolah Jadi Orak-Arik Telur Foto: iStock

1. Pizza

Punya sisa 2-3 potong pizza yang tak habis dimakan semalam? Jika dihangatkan tak akan menarik selera lagi. Kamu bisa mengolahnya bersama telur hingga jadi orak-arik telur atau scrambled egg yang gurih enak.

Caranya gampang, potong-potong 2 iris pizza menjadi ukuran 1x1 cm lalu panaskan sebentar dalam wajan. Sementara itu kocok 3 butir telur ayam dalam mangkuk bersama sedikit garam dan merica bubuk.

Masukkan potongan pizza, 2 sdm keju cheddar parut, tomat atau paprika cincang atau cabe merah cincang dan daun bawang iris kasar. Sesuai dengan persediaan di dapur.

Panaskan 1 sdm mentega dalam wajan datar lalu tuangkan campuran telur dan bahan lainnya. Masak hingga pinggirnya beku. Aduk 2 atau 3 kali hingga bergumpal. Angkat segera. Jangan terlalu lama menaruh di atas api, telur akan mengeras dan kering. Sajikan hangat sebagai sarapan komplet.

Fried chicken3 Makanan Sisa Diolah Jadi Orak-Arik Telur Foto: Lusiana Mustinda

2. Fried Chicken

Fried chicken atau ayam goreng tepung yang sering dibeli di restoran fast food seringkali tersisa 1-2 potong. Digoreng ulang atau dipanggang akan membuat rasanya kurang renyah lagi. Karena itu bisa kamu olah bersama telur menjadi orak-arik yang enak.

Caranya, lepaskan daging ayam dari tulangnya dari 2 fried chicken dan potong agak kasar. Kemudian siapkan 1 buah tomat kecil, cincang dan 2 sdm keju cheddar parut, 3 butir telur, merica dan garam.

Kocok telur bersama merica dan garam hingga berbuih halus. Tambahkan potongan ayam goreng, tomat dan keju lalu aduk rata.
Panaskan 1 sdm mentega dalam wajan. Tuangkan telur dan masak dengan api sedang hingga beku pinggirnya. Aduk 2-3 kali hingga bergumpal kasar. Angkat dan sajikan hangat.

3 Makanan Sisa Diolah Jadi Orak-Arik Telur3 Makanan Sisa Diolah Jadi Orak-Arik Telur Foto: iStock

3. Garlic bread

Pelengkap makan pizza dan sup ini seringkali tersisa 2-3 potong. Biasnya agak keras setelah didiamkan semalam. Potong-potong dadu 1 cm roti ini dan manfaatkan untuk menambah isian orak-arik telur.

Selanjutnya kocok 3 butir telur bersama sedikit merica dan garam. Tambahkan 2 sdm keju parut dan 1 sdm bawang bombay cincang. Kocok telur hingga berbuih halus bersama merica dan garam. Tambahkan keju dan potongan garlic bread.

Panaskan 1 sdm mentega dalam wajan, tumis bawang bombay hingga wangi dan layu. Kemudian masukkan telur kocok yang sudah dicampur dengan keju. Masak hingga keliling pinggirnya membeku. Aduk-aduk hingga bergumpal kasar lalu angkat. Sajikan dengan taburan keju cheddar, jika suka.



Simak Video "Bikin Laper: Jajal Makanan Legendaris di Pasar Cihapit Bandung"
[Gambas:Video 20detik]
(odi/odi)