Jajanan Jepang & Korea

Sensasi Makan Patbingsoo Bentuk Bibimbap yang Manis Segar di Kafe

Andi Annisa Dwi Rahmawati - detikFood Kamis, 24 Sep 2020 16:30 WIB
Sensasi Makan Patbingsoo Bentuk Bibimbap yang Manis Segar di Kafe Foto: dok. detikFood
FOKUS BERITA Jajanan Jepang & Korea
Jakarta -

Patbingsoo atau es serut Korea bisa dibuat dengan ragam variasi. Seperti berbentuk bibimbap dengan komposisi jelly hingga es krim. Nyamm!

Korea Selatan punya dessert khas bernama patbingsoo. Berupa es serut yang diberi aneka topping dan sirup. Patbingsoo punya sejarah panjang, konon sudah ada sejak ratusan tahun lalu.

Mengenai racikan aslinya, patbingsoo hanya memakai pasta kacang merah. Ini sesuai dengan arti kata "pat" yaitu kacang merah dan "bingsoo" yaitu es serut. Patbingsoo banyak dijajakan sebagai makanan kaki lima.

PatbingsuPatbingsu Foto: iStock

Seiring waktu, topping atau pelengkap patbingsoo tidak hanya kacang merah saja, tetapi ada es krim, mochi, buah segar, kacang-kacangan, sirup, sampai whipped cream.

Baca Juga: Manis Segar Patbingsu, Racikan Es Serut Korea dengan Aneka Topping

Tak perlu jauh-jauh ke Korea Selatan, patbingsoo bisa dinikmati di Jakarta. Kafe bernama Patbingsoo menjadi spesialis dessert Korea ini. Salah satu gerainya ada di Flavor Bliss, Alam Sutera, berdekatan dengan restoran Korea Seorae.

Ditemui detikFood (22/9), Sanles selaku Head of Operation Patbingsoo dan Seorae menjelaskan konsep kafe ini. "Tahun 2015 saat itu tidak ada satupun yang menjual dessert Korea. Yang mana saat itu lagi Korean wave banget ya. Dari K-pop dan segala makanannya. Akhirnya kita mencari tahu apa sih yang jadi hype di sana untuk dessertnya. Ternyata patbingsoo," ujarnya.

Sensasi Makan Patbingsoo Bentuk Bibimbap yang Manis Segar di KafeSensasi Makan Patbingsoo Bentuk Bibimbap yang Manis Segar di Kafe Foto: dok. detikFood

Di sini patbingsoo tersedia dalam dua kategori, menggunakan kacang merah dan tidak (bingsoo). "Untuk patbingsoo juga banyak jenisnya lagi. Ada yang basenya dari buah-buahan, biskuit, cokelat, kacang, kata Sanles.

Salah satu menu andalan mereka adalah Bibim Patbingsoo. Bentuknya serupa bibimbap, nasi campur khas Korea, namun semua bahan-bahannya manis.

Patbingsoo disajikan dalam mangkuk mirip dolsot (mangkuk batu). Di bagian atasnya ada 'telur' yang ternyata es krim vanilla plus jelly. Lalu ada pelengkap 'saus' yang merupakan saus strawberry. Harga per porsi Bibim Patbingsoo sekitar Rp 52 ribu.

Sensasi Makan Patbingsoo Bentuk Bibimbap yang Manis Segar di KafeSensasi Makan Patbingsoo Bentuk Bibimbap yang Manis Segar di Kafe Foto: dok. detikFood

Bibim Patbingsoo terasa asam segar karena dilengkapi potongan strawberry dan kiwi. Tak ketinggalan jelly dan pasta kacang merah. Melahap dessert ini paling enak diaduk jadi satu, layaknya makan bibimbap. Semua rasa akan langsung tercecap di mulut. Manis, dingin, creamy, asam dan segar. Yummy!

Sebenarnya kafe Patbingsoo punya Patbingsoo versi on the go, namun sedang tidak tersedia di gerai Flavor Bliss. Patbingsoo ini sangat praktis karena ditaruh dalam cup dan bisa dimakan sambil jalan atau dibawa pulang.

Sensasi Makan Patbingsoo Bentuk Bibimbap yang Manis Segar di KafeSensasi Makan Patbingsoo Bentuk Bibimbap yang Manis Segar di Kafe Foto: dok. detikFood

Puas makan patbingsoo bisa jajan tteokbokki dan ramyeon di sini. Semuanya dibanderol sekitar Rp 40 ribuan. Ramyeon tampil menarik karena disajikan di panci emas. Pelengkapnya ada telur setengah matang, menma, sampai daun bawang.

Lalu tteokbokki diracik dengan saus gochujang yang kental, namun tak terlalu pedas. Sensasi kenyal mulurnya dijamin puaskan selera. Nah, kalau tertarik coba patbingsoo dan jajanan street food Korea lainnya, kafe Patbingsoo bisa jadi pilihan.

Baca Juga: Patbingsoo Korean Dessert House: Ngemil Asyik, Bibim Patbingsoo dan Spicy Chicken Wings



Simak Video "Yummy! Segarnya Es Serut Bibimbap dan Telur ala Korea"
[Gambas:Video 20detik]
(adr/odi)
FOKUS BERITA Jajanan Jepang & Korea