Jajanan Jepang & Korea

5 Fakta Takoyaki, Jajanan Jepang yang Jadi Ikon Osaka

Riska Fitria - detikFood Rabu, 23 Sep 2020 12:00 WIB
Takoyaki jadi jajanan khas Jepang yang juga populer di Indonesia. Sejak pertama kali dibuat hingga saat ini, takoyaki tak pernah absen dalam setiap festival. Foto: iStock
FOKUS BERITA Jajanan Jepang & Korea
Jakarta -

Takoyaki jadi jajanan khas Jepang yang juga populer di Indonesia. Sejak pertama kali dibuat hingga saat ini, takoyaki tak pernah absen dalam setiap festival.

Takoyaki dikenal sebagai jajanan berbentuk bulat dengan isian daging gurita. Terbuat dari adonan tepung terigu yang dimasak dengan alat pemanggang khusus. Kemudian disajikan dengan saus, mayones dan topping berupa katsuobushi atau serutan daging ikan kayu.

Fakta takoyaki menyebutkan bahwa jajanan ini dibuat pertama kali di Osaka. Karenanya, takoyaki dikenal sebagai ikon kota Osaka. Sejak pertama kali diciptakan hingga saat ini, takoyaki tetap populer. Bahkan gerai takoyaki selalu ada di setiap festival di Jepang.

Itulah sebabnya takoyaki mendapat julukan 'Festival Food'. Kepopuleran takoyaki tidak hanya di Jepang saja, tetapi hingga ke berbagai penjuru dunia, termasuk Indonesia.

Dilansir dari berbagai sumber, berikut 5 fakta menarik tentang takoyaki.

1. Asal-usul Takoyaki

Takoyaki jadi jajanan khas Jepang yang juga populer di Indonesia. Sejak pertama kali dibuat hingga saat ini, takoyaki tak pernah absen dalam setiap festival.Takoyaki jadi jajanan khas Jepang yang juga populer di Indonesia. Sejak pertama kali dibuat hingga saat ini, takoyaki tak pernah absen dalam setiap festival. Foto: iStock

Jajanan takoyaki ternyata terinspirasi dari jajanan khas Jepang sebelumnya. Dulu pada zaman pemerintahan Taisho, banyak orang Jepang yang menjual choboyaki. Choboyaki dikenal sebagai jajanan berbentuk bulat dengan isian konnyaki.

Choboyaki kemudian berkembang menjadi rajioyaki. Rajioyaki ini bentuknya juga bulat dengan isian daging di dalamnya. Nah, takoyaki ini dibuat karena terinspirasi dari rajioyaki. Takoyaki pertama kali dibuat oleh Tomekichi Endo pada tahun 1935. Bentuknya juga bulat, hanya saja diisi dengan daging gurita dan telur.

Nama takoyaki sendiri juga diambil dari dua kata dalam bahasa Jepang. 'Tako' yang merujuk pada gurita dan 'yaki' yang berarti dipanggang atau digoreng. Biasanya takoyaki disajikan dengan saus, mayones dan tambahan lain seperti nori, katsuobushi dan daun bawang.

Baca Juga : Hajitako: Jajan Takoyaki Hingga Okonomiyaki yang Umami di Sini

Selanjutnya
Halaman
1 2 3


Simak Video "Masak Masak: Resep Ramen Topping Mapo Tofu"
[Gambas:Video 20detik]
FOKUS BERITA Jajanan Jepang & Korea
FOKUS BERITA Jajanan Jepang & Korea

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com