Hajitako: Jajan Takoyaki Hingga Okonomiyaki yang Umami di Sini

Riska Fitria - detikFood Senin, 04 Mei 2020 15:00 WIB
Hajitako Foto: Dok. detikFood/Riska Fitria
Jakarta -

Ngidam makanan Jepang untuk berbuka puasa? Hajitako bisa jadi pilihan. Ada takoyaki dan okonomiyaki yang mendapat disebut terenak se Jakarta.

Dalam masa karantina yang mengharuskan untuk tetap berada di rumah, membuat banyak orang rindu dengan makanan yang ada di luaran sana. Makanan Jepang menjadi salah satu makanan yang paling dirindukan.

Apalagi sekarang telah memasuki bulan Ramadhan. Menjalankan ibadah puasa dengan di rumah saja mungkin akan sedikit terasa membosankan. Namun, bukan berarti kamu tidak bisa menikmati makanan Jepang untuk mengobati kerinduan dan bisa jadi menu buka puasa.

HajitakoHajitako Foto: Dok. detikFood/Riska Fitria

Sebuah kedai makanan Jepang sederhana menawarkan berbagai menu yang dapat dipesan secara online. Kedai makanan tersebut dikenal dengan nama Hajitako yang memiliki dua gerai di Jakarta. Salah satunya berada di kawasan Tegal Parang, Mampang, Jakarta Selatan.

Melalui sebuah cuitan di Twitter, pemilik bisnis kuliner ini mengatakan bahwa awalnya ia hanya menawarkan menu takoyaki saja. Namun, setelah melihat respons positif, akhirnya ia menambahkan beberapa menu makanan Jepang lainnya, seperti rice bowl, okonomiyaki, sate gurita, dan lainnya.

Takoyaki dan okonomiyaki merupakan dua menu yang menjadi andalan. Dua menu tersebut juga disebut-sebut memiliki rasa terenak se-Jakarta. Penasaran dengan rasanya, kami memesan menu tersebut melalui layanan ojek online (ojol).

HajitakoHajitako Foto: Dok. detikFood/Riska Fitria

Pertama, kami mencicipi Takoyaki Octopus isi 6 (Rp. 24.750). Bola-bola tepung itu disajikan dengan katsuobushi atau serutan daging ikan kayu di atasnya. Pemberian katsuobushinya terbilang royal.

Baca Juga : Resep Takoyaki, Jajanan Kekinian Jepang yang Mudah Dibikin di Rumah

Takoyaki tersebut dikemas dalam kotak kecil berwarna oranye. Sementara itu, juga diberikan saus, seperti saus manis gurih, saus pedas, dan juga mayonnaise yang dikemas dalam plastik mungil.

Karenanya tampilan takoyakinya tidak berantakan dan masih berbentuk bulat utuh. Kami mengakui bahwa takoyaki ini merupakan yang terenak se-Jakarta. Ukurannya besar, begitupun pada ukuran potongan daging gurita di dalamnya.

HajitakoHajitako Foto: Dok. detikFood/Riska Fitria

Rasanya umami! apalagi ditambah cocolan saus manis gurih dan mayonnaisenya. Teksturnya juga tebal dan padat ketika digigit. Sementara rasa katsuobushinya juga tak kalah enak. Gurih dengan aroma smoky yang wangi.

Kami pun tergoda segera mencicipi Okonomiyaki (Rp. 31.500). Okonomiyaki merupakan omelet lebar dengan aneka isian dan tabuaran khas Jepang. Nah, okonomiyaki di sini diracik dengan resep dari hajitako sendiri.

HajitakoHajitako Foto: Dok. detikFood/Riska Fitria

Adonannya berisi sawi putih, daun bawang, daging gurita, crab stick, smoke beef dan telur mata sapi. Selain itu juga disajikan dengan saus khas Hajitako dan mayonnaise lengkap dengan taburan katsuobushi yang royal.

Porsinya terbilang besar, teksturnya tebal dan aromanya gurih, sangat menggoda. Sementara untuk rasanya sangat luar biasa. Tanpa tambahan saus saja, okonomiyaki sudah terasa gurih. Ketika ditambah saus manis gurih rasanya semakin enak dan sukses menjalankan lidah kala berbuka puasa.

Kalau ingin yang mengenyangkan, kamu bisa memesan Rice Bowl Ontama Beef Teriyaki Telur Onsen Tamago (Rp.30.000). Porsi nasi putih dan beef teriyakinya sangat royal. Daging sapinya empuk juicy dan bumbunya yang meresap kedalam.

HajitakoHajitako Foto: Dok. detikFood/Riska Fitria

Namun, menurut kami, beef teriyakinya terlalu banyak minyak. Namun, itu tidak mengurangi rasa enaknya. Rice bowl ini disantap dengan onsen tamago, yakni telur yang dimasak setengah matang hingga kuning telurnya masih lumer lembut. Meskipun begitu tidak beraroma amis.

Selain menu makanan, Hajitako juga menawarkan berbagai minuman segar yang cocok untuk berbuka puasa. Mulai dari Thai tea, es kopi susu, hingga mojito dengan aneka rasa yang dibanderol sekitar Rp. 13.000-an saja. Cobain yuk!

Hajitako
Jl. Tegal Parang Utara No.17
Mampang Prapatan, Jakarta Selatan
Instagram @hajitakiid
Telepon : 0813-8783-8874

Baca Juga : Oishii! Takoyaki dan Ramen Buatan Warung Hiroshi di Solo



Simak Video "Slurp! Segarnya Berbuka dengan Es Kurma"
[Gambas:Video 20detik]
(sob/odi)