Jajanan Jepang & Korea

5 Jajanan Jepang dan Korea Ini Mirip Padahal Beda

Andi Annisa Dwi Rahmawati - detikFood Selasa, 22 Sep 2020 12:00 WIB
Jajanan Jepang dan Korea yang Mirip Padahal Beda Foto: iStock
FOKUS BERITA Jajanan Jepang & Korea
Jakarta -

Ada beberapa jajanan Jepang dan Korea yang tampilannya serupa. Tapi sebenarnya jajanan ini punya perbedaan dari segi bahan pembuatannya. Apa saja ya?

Sama-sama negara di kawasan Asia Timur, Jepang dan Korea punya beragam jajanan enak. Tak hanya disukai di negaranya sendiri, jajanan dari dua negara ini bahkan jadi favorit di negeri orang termasuk Indonesia.

Buktinya banyak orang Indonesia kini sudah akrab dengan nama-nama jajanan khas Jepang maupun Korea. Begitupun dengan cita rasanya yang disebut-sebut enak dan cocok di lidah. Jajanan Jepang dan Korea mudah didapatkan, dari penjual kaki lima sampai restoran kelas atas menawarkannya.

Uniknya ada beberapa jajanan Jepang dan Korea yang tampilannya serupa. Terkadang mengecoh orang yang tak terlalu mengetahuinya. Padahal dua makanan ini sebenarnya berbeda.

Lantas apa saja jajanan Jepang dan Korea yang mirip? detikFood (22/9) merangkum informasinya seperti berikut:

1. Sushi dan gimbap

Jajanan Jepang dan Korea yang Mirip Padahal BedaJajanan Jepang dan Korea yang Mirip Padahal Beda Foto: iStock

Sepintas sushi dan gimbap sangat mirip karena berupa nasi isi lauk yang digulung rumput laut (kering). Dilihat dari sejarahnyapun gimbap memang terinspirasi sushi gulung yang dibawa ke Korea pada masa pendudukan Jepang, namun keduanya tetap berbeda.

Untuk bumbu nasi, gimbap pakai minyak wijen sementara sushi pakai cuka beras. Kemudian dari segi isian, gimbap berisi daging matang, telur, acar, atau kimchi. Sedangkan sushi lebih menonjolkan ikan segar. Variasi isian gimbap juga tak sebanyak sushi.

Lalu untuk jenis nasinya, gimbap terkadang bisa diganti nasi merah atau quinoa. Beda halnya dengan sushi yang hanya memakai nasi putih biasa. Dari segi pembuatan, gimbap dibuat hampir semua rumah tangga di Korea, sementara sushi lebih kepada sajian istimewa dari seorang chef di restoran.

Baca Juga: Apa Beda Gimbap Korea dan Sushi Jepang?

Selanjutnya
Halaman
1 2 3


Simak Video "Bikin Laper: Jajal Makanan Legendaris di Pasar Cihapit Bandung"
[Gambas:Video 20detik]
FOKUS BERITA Jajanan Jepang & Korea
FOKUS BERITA Jajanan Jepang & Korea