Supir Truk Ini Jadi Miliarder Berkat Bisnis Peyek Modal Rp 100 Ribu

Andi Annisa Dwi Rahmawati - detikFood Senin, 21 Sep 2020 17:00 WIB
Supir Truk Ini Jadi Miliarder Berkat Bisnis Peyek Modal Rp 100 Ribu Foto: YouTube Rico Huang
Jakarta -

Siapa sangka miliarder ini dulunya seorang supir truk. Nasibnya berubah usai sukses bisnis peyek kepiting yang modal awalnya hanya Rp 100 ribu. Seperti apa kisahnya?

Adalah Filsa Budi Ambia, pria asal Banyumas yang kini nasibnya berubah total. Dulu hidupnya sangat sulit dengan lilitan hutang ratusan juta rupiah. Ia sempat mencoba beberapa kali bisnis makanan, namun tetap merugi.

Dengan amunisi terakhir berupa modal Rp 100 ribu, ia terpikir membuat peyek kepiting. Filsa memasarkannya sebagai oleh-oleh khas Balikpapan yang memang terkenal dengan kepiting lezatnya.

Dengan merek Kampoeng Timoer dan Mister Crabs, Filsa sukses memasarkan peyek kepiting. Produknya bahkan berhasil masuk ritel-ritel modern seperti minimarket dan supermarket.

Seperti apa kisah Filsa dalam menekuni bisnis peyek kepiting? detikFood merangkum informasinya dari YouTube Rico Huang (21/4) seperti berikut:

1. Jadi supir truk hingga bisnis ayam goreng

Supir Truk Ini Jadi Miliarder Berkat Bisnis Peyek Modal Rp 100 RibuSupir Truk Ini Jadi Miliarder Berkat Bisnis Peyek Modal Rp 100 Ribu Foto: YouTube Rico Huang

Ditanyai soal kisah hidupnya sebelum sukses jadi pebisnis, Filsa bercerita mengenai kehidupannya di Balikpapan. Saat itu ia ikut sang om tinggal di sana, hingga akhirnya Filsa mendapat pekerjaan sebagai supir truk di sebuah perusahaan tambang batu bara.

"Secara gaji masih UMR, saat itu sekitar Rp 2 juta (tahun 2007). Tapi di sana biaya hidup tinggi banget. Jadi cuma cukup buat hidup aja," kata Filsa. Lalu di tahun 2010 ia ikut sebuah seminar bisnis. "Wah, ini yang gue cari. Singkat cerita, gue buka bisnis ayam goreng. Setelah 4 bulan, gagal," tuturnya.

Filsa saat itu dalam posisi sudah bertunangan dengan kekasihnya. Namun di tengah bisnisnya yang bangkrut, ia putuskan untuk tetap menikah guna menghindari fitnah. "Dari mana ini uang," katanya. Setelah memutar otak, akhirnya ia berhasil menikah dengan 'modal' kartu kredit dan bantuan teman. Meski setelah itu dirinya alami kesulitan finansial untuk membayar tagihan kartu kredit yang mencapai sekitar Rp 100 juta.

Selanjutnya
Halaman
1 2 3


Simak Video "Bikin Laper: Review Jajanan UMKM Bandung"
[Gambas:Video 20detik]