Jajanan Jepang & Korea

Jajanan Negeri Sakura dan Negeri Ginseng Makin Digemari Milenial

Andi Annisa Dwi Rahmawati - detikFood Senin, 21 Sep 2020 18:00 WIB
Jajanan Jepang dan Korea Foto: Getty Images/fotoVoyager
FOKUS BERITA Jajanan Jepang & Korea
Jakarta -

Foodies milenial di Indonesia menggemari jajanan khas Jepang dan Korea. Sebab cita rasanya akrab di lidah hingga membuat jajanan dari dua negara ini makin digemari.

Golongan milenial di Indonesia kini banyak yang akrab dengan budaya Korea, mulai dari urusan musik hingga dramanya. Mereka menggemari banyak sosok penyanyi dan aktor dari negeri ginseng.

Kegemaran ini membuat segala hal mengenai budaya Korea terus dikulik milenial, termasuk urusan makanan. Terlebih makanan sering dipromosikan secara implisit dalam berbagai drama Korea. Adegan makan yang dilakoni para aktornya bisa membuat siapapun yang melihat ngiler.

Jajanan Jepang dan KoreaJajanan Jepang dan Korea Foto: Getty Images/fotoVoyager

Sebut saja mi instan Korea yang dimasak langsung di panci yaitu ramyeon hingga daging panggang Korea yang dimakan dengan selada yaitu Korean BBQ. Tak ketinggalan kimchi yang merupakan pelengkap makanan populer orang Korea.

Makanan-makanan itu bikin penasaran hingga dicicipi banyak orang Indonesia. Tak heran, produk makanan Korea kini banyak dijajakan di tanah air. Ada yang ditawarkan via online, namun ada pula yang menjajakannya di kafe, restoran, hingga penjual kaki lima.

Buktinya belum lama ini viral pedagang tteokbokki kaki lima di media sosial. Lucunya penjual menamai tteokbokki sebagai "oseng lontong sayur ala Korea." Meski deskripsinya tidak tepat, namun hal ini membuktikan jajanan Korea benar-benar digemari semua kalangan saat ini.

Baca Juga: Viral! Penjual Tteokbokki Namai Produknya 'Oseng Lontong Sayur Ala Korea'

Tukbokki Korean hot and spicy rice cake. Korean food.Jajanan Jepang dan Korea Foto: iStock

Untuk kafe, sudah banyak yang mengkhususkan diri pada sajian jajanan Korea. Salah satunya Patbingsoo dengan menu andalan es serut khas Korea. Cabangnya tersebar di beberapa titik di Jakarta dan bahkan sampai ke Medan. Menu lainnya juga ada popcorn chicken, chicken wings dengan keju, sampai ramyeon di sini.

Belum lama ini selebgram Jovi Adhiguna bahkan meresmikan Gildak. Berupa kafe kekinian yang punya spesialisasi menu jajanan Korea. Ada odeng, tteokbokki, sampai crispy chicken yang ditawarkan. Harganya cukup terjangkau.

Selain jajanan Korea, jajanan Jepang juga tidak kehilangan pamor di Indonesia. Berbagai makanannya tetap digemari, sebut saja sushi, ramen, takoyaki, okonomiyaki, hingga gyoza.

Banyak kafe dan restoran menawarkannya. Konsepnya juga beragam, ada yang seperti kedai di negara asalnya (izakaya), supermarket khusus, hingga kafe-kafe kekinian.

Jajanan Jepang dan KoreaJajanan Jepang dan Korea Foto: Getty Images/fotoVoyager

Salah satu yang terbaru dan mencuri perhatian adalah Sai Ramen. Tempat ini menawarkan ramen dengan konsep 'ramen bar' dimana pengunjung bisa menikmati ramen sambil melihat chef meracik pesanan.

Selain datang ke tempatnya langsung, menikmati jajanan Jepang dan Korea sekarang juga terbantu dengan teknologi. Banyak penjual fokus menawarkan via online apalagi di tengah masa pandemi Covid-19 seperti sekarang.

Kamu bisa pesan hotteok, corn dog, takoyaki, sampai karaage online. Tinggal duduk di rumah, pesanan akan diantar tepat ke depan pintu.

Jajanan Jepang dan KoreaJajanan Jepang dan Korea Foto: Getty Images/fotoVoyager

Mau yang autentik? Layanan jasa titip (jastip) makanan jajanan Jepang dan Korea bisa kamu manfaatkan. Kamu bisa mengikuti pre order untuk membeli ragam jajanan Jepang atau Korea yang belum ada di sini. Apa saja ya pilihannya?

Nah, pada ulasan kali ini detikFood akan membahas serba-serbi seputar jajanan Jepang dan Korea. Bagi kamu yang menggemari jajanan dari dua negara ini, pastikan tidak melewatkannya ya!

Baca Juga: Oishii ! 5 Jajanan Jepang Ini Selalu Bikin Nagih



Simak Video "Masak Masak: Resep Tumis Pedas Tulang Muda Sapi"
[Gambas:Video 20detik]
(adr/odi)
FOKUS BERITA Jajanan Jepang & Korea